Monday, 29 April 2024
HomeBeritaPastikan Seluruh Jamaah Haji ke Arafah, Menag Akan Sweeping di Setiap Hotel

Pastikan Seluruh Jamaah Haji ke Arafah, Menag Akan Sweeping di Setiap Hotel

Bogordaily.net – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas jamaah haji Indonesia dari Sektor 4, Jarwal, Makkah, Kamis, 7 Juli 2022. Menag meminta petugas melakukan sweeping di hotel setiap lantainya agar memastikan tidak ada jamaah haji yang tertinggal ke .

Saat ini proses pendorongan jamaah haji dari Makkah ke terus dilakukan.

Menurut Yaqut, ia harus memastikan mobilitas jamaah berjalan dengan lancar. “Insya Allah saya sudah dengarkan dari petugas disini semua sudah diskenariokan dan tidak akan ada masalah,” katanya di Makkah.

Setelah pemberangkatan, Yaqut menjelaskan, petugas akan melakukan sweeping di semua hotel yang menjadi tempat pemondokan jamaah.

Sweeping akan dilakukan di semua lokasi seperti kamar, musola hingga kamar mandi. Menurut Menag, sweeping dilakukan untuk memastikan tidak ada jamaah yang tertinggal.

“Nanti ada sweeping, setelah ini semua petugas akan me-sweeping, semua lantai di-sweeping, kamar mandi akan dilihat siapa tahu ada jamaah yang tertinggal di kamar mandi,” kata Yaqut.

Para petugas akan memastikan seluruh jamaah haji diberangkatkan ke untuk melakukan wukuf pada puncak haji 9 Dzulhijjah. Setelah melakukan sweeping, baru petugas akan berangkat ke

“Semua akan di-sweeping sebelum petugas ini berangkat ke . Jadi mereka pastikan dulu tidak ada jamaah yang tertinggal di sini,” ujar Menag.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas (Satgas) , Haryanto Sarpin mengatakan, jamaah haji telah didorong dari Makkah ke pada hari ini diharapkan seluruh jamaah tiba pada pukul 17.00 WAS.

“Pada tanggal 9 Dzulhijjah, Jumat ba'da Dzuhur akan dilakukan khutbah wukuf yang selanjutnya dilakukan pergerakan dari ke Muzdalifah ba'da Maghrib,” katanya.

Kepala Satuan Operasional Masyair/Armuzna Nasrullah Jasam menambahkan, persiapan di sudah berjalan sangat baik. Seluruh logistik di tenda tersedia, karpet dan kasur juga terpasang.

“Jam 08.00 jamaah mulai masuk ke tenda-tenda di , sejauh ini berjalan lancar, mudah-mudahan sampai sore berjalan lancar,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here