Tuesday, 21 May 2024
HomeNasionalPenampilan Mas Bechi Saat Jalani Sidang Perdana di PN Surabaya

Penampilan Mas Bechi Saat Jalani Sidang Perdana di PN Surabaya

Bogordaily.net – Penampilan saat Jalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya tetap tenang

Sidang yang dilakukan secara daring itu juga dijaga ketat petugas, saat sidang hendak dimulai nampak terlihat tetap santai dan tenang.

Ya, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) atau jalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Surabaya, Senin 18 Juli 2022. Persidangan kasus dugaan perkosaan atau pencabulan santriwati itu berlangsung tertutup.

Seperti diwartakan Beritajatim.com jejaring Suara.com, ruang sidang PN Surabaya dijaga ketat petugas. Persidangan sedang berlangsung dan dilakukan secara tertutup.

Persidangan terdakwa yang sempat menjadi DPO kasus pencabulan santri Pondok pesantren Shiddiqiyyah itu dipimpin majelis hakim yang diketuai Ketua Sutrisno, Hakim, anggota majelis hakim Titik Budi Winarti, dan Hakim Khadwanto. Sedangkan Panitera Pengganti, Achmad Fajarisman.

“Hari ini memang digelar sidangnya, untuk agenda sidang dan lainnya nanti saya tanyakan ke majelis hakimnya dulu,” ujar humas PN Surabaya Gede Agung, Senin 18 Juli 2022.

Sebelum sidang dimulai, terdakwa Bechi terpampang di layar karena menghadiri sidang secara online dari Rutan Medaeng. Tak ada raut wajah gugup dari putra Kiai Mukhtar Mu'thi tersebut. Bechi mengenakan rompi tahanan warna merah sebagaimana.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur Mia Amiati turun langsung menyidangkan atau biasa disapa disidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya hari ini Senin 18 Juli 2022.

Selain Kajati, ada 10 Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang turut menyidangkan perkara pencabulan anak kiai di Jombang ini.

Sementara Aspidum Kejati Jatim sebelumny mengemukakan alasan Bechi disidang di PN Surabaya.

Menurutnya, hal itu karena merajuk pada pasal 85 KUHAP yakni Dalam hal keadaan daerah tidak mengizinkan suatu pengadilan negeri untuk mengadili suatu perkara, maka atas usul ketua pengadilan negeri atau kepala kejaksaan negeri yang bersangkutan, Mahkamah Agung mengusulkan kepada Menteri Kehakiman untuk menetapkan atau menunjuk pengadilan negeri lain daripada yang tersebut pada pasal 84 untuk mengadili perkara yang dimaksud.

Selain itu alasan kondusifitas dan juga berdasarkan surat keputusan Mahkamah Agung menetapkan dengan keputusan nomor 170/KMA/SK/V/2022 tertanggal 31 Mei 2022, tentang penunjukan PN Surabaya untuk memeriksa dan memutus perkara pidana atas nama Moch Subchi.

MSAT sendiri oleh penyidik dan JPU dijerat dengan pasal 285 KUHP tentang perkosaan dan 294 KUHP tentang Pencabulan.

(suara.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here