Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaPentingnya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Dini

Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Dini

Bogordaily.net – Membaca merupakan proses atau kegiatan yang dilakukan untuk memahami isi dari apa yang tertulis. Membaca memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan kita, tentunya dengan baca kita bisa memahami dan mengetahui berbagai hal.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca seperti menguatkan kinerja otak, mengasah daya ingat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Namun saat ini yang sudah kita ketahui bahwa minat baca masyarakat di Indonesia sangat rendah dan ini merupakan problem untuk kita, maka dari itu pentingnya menumbuhkan minat baca pada sejak usia dini agar - tumbuh dan memiliki minat baca dengan baik,tentunyaa peran orangtua di rumah pun sangat dibutuhkan.

Berikut ini beberapa cara untuk menumbuhkan minat baca pada :

  • Membiarkan memilih buku yang ingin dibacanya
  • Dimulai dengan membacakan buku cerita yang menarik
  • Membangun suasana yang menarik dan menyenangkan agar tidak cepat merasa
  • Lakukan secara bertahap untuk menumbuhkan minat baca pada tidak bisa kita lakukan dengan cepat perlu proses yang menyenangkan agar tidak merasa
  • Membiasakan sejak dini

Karna membiasakan sejak usia dini lebih mudah dilakukan. Orang tua memberikan contoh, karena anak merupakan cerminan dari orang tua ketika anak melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya di rumah seperti kebiasaan membaca, maka anak akan melihat itu sebagai contoh yang bisa diikuti.

Mari sama-sama kita tumbuhkan minat pada anak sejak dini agar dan budaya membaca bisa terus meningkat di kalangan masyarakat.***

(Febrianti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here