Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPentingnya Pendidikan Anti Narkoba di Sekolah Dasar

Pentingnya Pendidikan Anti Narkoba di Sekolah Dasar

Bogordaily.net adalah suatu hal yang telah disusun dengan kesadaran, bukan aktivitas yang dilakukan secara rutin yang tanpa memiliki tujuan dan rencana yang matang. Tentu ini memiliki tujuan yang amat penting untuk generasi kedepannya. Terlebih, terkait anti narkoba yang harus digaungkan sejak di dasar.

dasar adalah suatu gerbang utama untuk membentuk karakter anak. Oleh sebab itu kita sebagai pendidik amat perlu memberikan arahan terhadap peserta didik agar tidak melakukan hal yang tidak sewajarnya dilakukan.

Di era milenial ini penyalahgunaan narkoba sudah tersebar dikalangan anak-anak, sampai ada yang kecanduan hingga akan terus menerus mengkonsumsi narkoba dengan jumlah yang lebih banyak, dampak kecanduan narkoba pun akan dirasakan oleh otak terutama otak bagian depan, dimana otak bagian depan fungsinya yaitu untuk mengatur gerakan, prilaku, ucapan. Dan yang lebih parahnya lagi otak belum tentu bisa pulih kembali seperti biasa sehingga dampaknya anak putus sekolah. Sangat memprihatinkan bukan?
Lalu bagaimana kita dapat mencegahnya?

Salah satu cara agar dapat mencegah anak usia dini dari Narkoba yaitu :
Anti Narkoba”

Menurut dari Idam Khalid (Guru SDIT Al-Ishlah)

anti narkoba amat penting untuk Jengjang Sekolah Dasar terutama kelas 4 sampai 6 karna sudah ada beberapa anak yang mulai pubertas yang dimana cara berpikir dan tingkah lakunya akan lebih penasaran untuk mencoba hal-hal baru, Anti Narkoba mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal hal yang tidak di inginkan terjadi kepada siswa/i di Sekolah Dasar,” ujarnya.

Oleh sebab itu mari kita bangun Anti Narkoba di Sekolah Dasar, salah satu upaya yaitu :

1. Adanya penyuluhan/ pensosialisasian disekolah dasar agar anak dapat mengetahui dan memahami dampak buruk dari pengkonsumsian narkoba

2. Memasang poster “Anti Narkoba” dibeberapa tempat, sebagai sarana informasi guna mengingatkan mereka dari bahayanya narkoba

3. Perlunya pemantauan guru terhadap peserta didik karena mencegah penyalahgunaan narkotika lebih baik dari mengobati mereka yang telah kecanduan narkotika

karena jenjang “Sekolah Dasar” adalah salah satu pintu utama untuk menyelamatkan generasi baru yang lebih baik untuk kedepannya.

Biodata penulis
Nama : Putri Nuraeni
Instusi : Institut Ummul Quro Al-Islami
Alamat : Sentul, Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here