Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPentingnya Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi

Pentingnya Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi

Bogordaily.net – Pesantren merupakan unit dari lembaga islam yang pertama kali dan pendirinya ialah anggota walisongo yakni Syekh Maulana Malik Ibrahim (Syekh Maghribi).

Pada mulanya pesantren tidak menekankan pada misi saja, tetapi juga dakwah. Sebagai mana yang dipaparkan A. Mukti, bahwasanya pada dasarnya pesantren itu merupakan lembaga dan bukan lah Lembaga dakwah (Sadhi & Andhi, 2015; Subhan, 2012).

Tujuan utama kerakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana masyarakatnya berakhlak mulia, bemoral, bertoleransi, dan bergotong royong.

“Barang siapa yang hendak mengingat dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa mengingatkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barangsiapa yang mengingat keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR.Ahmad).

Di hadits ini kita bisa tau bahwasanya bukan hanya ilmu dunia saja yang harus kita cari, tapi ilmu akhirat pun harus kita cari dan di pesantren pun kita bisa mendapatkan dua ilmu sekaligus, ilmu umum dan ilmu agama.

Dalam era sekarang ini pesantren berperan sangatlah penting dalam membentuk kerakter seseorang, dalam era sekarang ini sangatlah memerlukan karakter, karena tujuan dari karakter ialah supaya memperluas kecerdasan spiritual, bahwa kecerdasan spiritual sendiri dapat dipahami sebagai kecerdasan yang paling mendasar.

Kekurangnya karakter akan menimbulkan kerisis moral yang berakibat prilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya.

Menurut Thomas Lickona, “Pengertian karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti”.***

(Elvida Rahayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here