Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPeran Orangtua Dalam Pendidikan Anak di Sekolah

Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak di Sekolah

Bogordaily.net – Yang melatar belakangi saya menulis ini adalah betapa pentingmya Peranan orangtua dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan .

Karna masih banyak masyarakat dan orangtua yang masih mempunyai pola piker bahwa tanggung jawab Pendidikan sepenunya di serahkan pada Lembaga Pendidikan saja.

Terkadang orangtua mempunyai harapan sangat tinggi sehingga orang tua menuntut Lembaga agar tersebut mempunyai kamapuan melebihi kemampuanya.

Tetapi kenyataan nya orangtua hanya mengandalkan guru atau Lembaga saja untuk mendidik tersebut, tanpa di bantu oleh orangtua di Rumah. Padahal belajar di sekolah itu hanya beberpa jam saja karna mengahabiskan waktu itu di Rumah.

Oleh karena itu peranan orangtua sangat penting bagi proses pembelajaran di sekolah. Masa depan sesungguhnya ada di tanngan orangtuanya.

Bila orangtua senantiasa memperhatikan perkembangan , masa depan akan jauh lebih baik. Perkembangan merupakan rangkaian proses perubahan kearah yang lebih maju dan lebih dewasa .

Untuk itu, peranan orangtua sangat penting karna pada masa Pendidikan tersebut akan mengembangkan kreativitas dan mencerminkan perilaku yang mereka lihat dan menirukan apa saja yang di lakukan oleh orangtua, dan rasa ingin tahu mereka sangat besar, oleh karena itu orangtua dan guru bertanggung jawab atas pemeliharaan dan penyediaan lingkungan bagi perkembangan anak.

Beberapa hal yang penting yang harus di lakukan orangtua dalam peranan Pendidikan anak:

  • Membangun komunikasi yang baik dengan anak
    Senantiasa menjadi pendengar setia anak.
  • Mendengarkan keluhan kebahagiaan daan keseharian anak.
  • Memperhatikan pergaulan anak.

Tulisan ini di tulis oleh Ida Farida, Mahasiswa IUQI bogor Program studi Manajemen Pendidikan Islam semester 2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here