Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPerjalanan Pulang ke Tanah Air, Jamaah Haji Meninggal di Pesawat

Perjalanan Pulang ke Tanah Air, Jamaah Haji Meninggal di Pesawat

Bogordaily.net–  Jamaah asal Magelang, Jawa Tengah meninggal dunia di dalam pesawat saat perjalanan pulang ke Tanah Air, Sabtu, 23 Juli 2022. Jamaah tersebut diketahui bernama Heru Purwanto Alwi (63).

Heru meninggal saat tiba di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, sekitar pukul 17.34 WIB dan langsung diturunkan serta dibawa mobil ambulance menuju Asrama Donohudan Boyolali.

ini, sejak awal memang ada pendampingan karena faktor usia dan komorbit yang ada terhadap almarhum,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah (PPIH) Debarkasi Solo H. Musta'in Ahmad dikutip Suara.com dari Antara.

Jenazah Heru, kemudian diserahkan kepada pihak keluarga di Asrama Donohudan Boyolali.

Menurut Musta'in, asal Magelang tersebut meninggal di pesawat saat penerbangan pemulangan dari Jedah Arab Saudi menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali atau dalam waktu penerbangan selama tujuh jam.

“Almarhum memang sejak awal masuk kategori resiko tinggi (resti). Namun, sebelum diterbangkan kembali ke Tanah Air, beliau sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak terbang,” jelasnya.

Dalam perjalanan pulang ke Tanah Air almarhum dinyatakan telah meninggal dunia.

Kementerian Agama khusus Debarkasi Solo, kata Musta'in, turut berduka cita atas wafatnya H Heru.

Sebelumnya diberitakan Panitia Penyelenggaraan Ibadah (PPIH) Arab Saudi menyebutkan jamaah Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah mencapai 49 orang.

Proses pemakaman jenazah jamaah tersebut telah diurus oleh maktab atau kantor yang mengatur urusan pelaksanaan ibadah .

“Jadi kita melaporkan ke pihak maktab, nanti pihak maktab langsung akan mengurus mulai dari pemandian, kain kafan, menyolati, bahkan sampai penguburan,” kata PPIH Arab Saudi, Arsad Hidayat.

Menurutnya, anggota jamaah haji yang meninggal di Arab Saudi itu dimakamkan sesuai tempat yang bersangkutan meninggal dunia.

Anggota jamaah yang meninggal ketika berada di Kota Madinah akan dimakamkan di Madinah dan anggota jamaah yang meninggal di Kota Mekkah akan dimakamkan di Mekkah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here