Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaProfil Shinzo Abe, Eks Perdana Menteri Jepang yang Ditembak Saat Pidato

Profil Shinzo Abe, Eks Perdana Menteri Jepang yang Ditembak Saat Pidato

Bogordaily.net– Mantan Perdana Menteri (PM) , Shinzo Abe yang  ditembak oleh orang tak dikenal menggemparkan dunia. Peristiwa tragis itu terjadi saat Shinzo Abe  menyampaikan berpidato untuk kampanye kandidat anggota majelis tinggi dari Partai Demokratik Liberal di Kota Nara, , Jumat, 8 Juli 2022. Siapa Shinzo Abe? Berikut rangkuman Shinzo Abe.

Shinzo sebelumnya menjabat sebagai salah satu PM dengan masa jabatan terlama sepanjang sejarah modern Negeri Sakura. Dilansir Suara.com, ia telah mencanangkan berbagai kebijakan baik pada urusan dalam maupun luar negeri pada saat menjabat.

Shinzo Abe lahir dari keluarga yang cukup berpengaruh dalam dunia politik dalam negeri. Lahir pada 21 September 1954 di Tokyo dari pasangan Shintaro Abe, seorang politisi yang menikah dengan perempuan bernama Yoko Abe.

Keluarga Abe mencetak berbagai politisi, tak lain adalah ayah dari Shinzo yakni Shintaro Abe. Mengikuti jejak sang ayah dan kakeknya, Shinzo Abe juga turut terjun ke dunia politik. Ia kemudian meneruskan karier ayahnya dengan tergabung dalam Partai Demokrat Liberal.

Karier Shinzo di dunia politik terbilang menjanjikan. Sebab pada awal-awal ia berkiprah di partai, Shinzo menjadi perwakilan untuk Prefektur Yamaguchi pada 1993. Bahkan, pada tahapan pemilihan suara, ia juga memperoleh suara terbanyak dalam sejarah pemilu di Yamaguchi.

Tak hanya itu, Shinzo akhirnya menjadi kandidat Perdana Menteri dan berhasil dipilih pada 2006. Pada periode pertama menjabat sebagai PM, Shinzo banyak mencanangkan berbagai kebijakan yang dinilai tegas, salah satunya terlihat dari kebijakan luar negeri konfrontatif dengan negara tetangga seperti Tiongkok, Korea Selatan, hingga Korea Utara.

Pada urusan dalam negeri, Shinzo juga banyak kontribusi seperti upaya penyeimbangan anggaran negara, memperbaiki kebijakan perpajakan melalui pengangkatan ahli perpajakan, Koji Omi sebagai Menteri Keuangan, hingga kebijakan sosial lainnya seperti penanaman nasionalisme .

Gaya kepemimpinan Shinzo yang dinilai konservatif namun tegas konsisten diterapkan hingga empat kali dipilih sebagai perdana menteri.

Pada periode keempat kepemimpinannya Shinzo Abe mengundurkan diri pada Juni 2020 silam dengan alasan kesehatan.

Pengunduran diri tersebut menandakan berakhirnya kepemimpinan Shinzo Abe sebagai PM yang menjabat selama 14 tahun, yakni dari 2006 hingga 2020. Ini menjadikan dirinya PM dengan jabatan terlama sepanjang sejarah.

Jumat, 8 Juli 2022 Shinzo Abe sebelumnya mendapat penanganan medis usai ditembak dari belakang oleh pria berusia 40-an tahun yang hingga kini belum dirilis identitasnya oleh kepolisian . Namun, pria tersebut langsung dibekuk usai melancarkan aksi nekatnya tersebut.

“Polisi mengatakan telah menyita sebuah senjata dari lokasi pria tersebut ditangkap,” demikian laporan laman pemberitaan nasional , NHK yang dikutip Suara.com.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here