Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorPuluhan Wanita Eks Kupu-kupu Malam Dibina dan Diajarkan Jadi Wirausaha

Puluhan Wanita Eks Kupu-kupu Malam Dibina dan Diajarkan Jadi Wirausaha

Bogordaily.net – Puluhan Wanita Eks Kupu-kupu malam atau wanita yang pernah terjun menjadi () dan mantan narapidana (warga binaan) mengikuti bimbingan sosial yang diberikan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor di Hotel Archam Puncak, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Kasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang pada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor, Buchori Muslim mengatakan, bimbingan sosial ini merupakan agenda Dinsos yang dilakukan tiap tahun. Kemudian pesertanya merupakan tuna sosial yang perlu pelayanan kesejahteraan sosial atau PPKS.

“PPKS ini terbagi 3, pertama WTS atau Wanita Eks Kupu-kupu Malam, kemudian Otda atau HIV/AIDS dan terakhir eks Narapidana. Jadi materinya berkaitan dengan tiga tadi, termasuk kebijakan soal pelayanan sosial,” kata Buchori kepada Bogordaily.net, Kamis, 21 Juli 2022.

Selain itu, ada juga materi tentang bagaimana menjadi pelaku usaha atau berwirausaha setelah tidak lagi terjun ke kegiatan peserta sebelumnya.

“Yang kita berikan itu lebih kepada rohani dan juga memberikan materi kedepannya apakah setelah keluar dari kebiasaan sebelumnya yang dilakukan peserta menjadi atau membuka usaha,” ujarnya.

Sedangkan pesertanya kurang lebih ada 40 orang, dimana pesertanya itu merupakan mantan mantan atau eks dan juga eks narapidana.

“Pesertanya itu dari binaan lembaga kesejahteraan sosial (LKS),” ucapnya.

Ia berharap, hasil dari pembinaan yang diberikan itu betul-betul dilakukan oleh peserta sehingga mereka bekerja sebagaimana mestinya.

“Untuk pematerinya dari Dinsos Provinsi dan juga , serta beberapa LKS yang berkompeten di bidangnya,” pungkasnya*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here