Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPutusan ECHR Terhadap Rusia

Putusan ECHR Terhadap Rusia

Bogordaily.net – Pada tanggal 7 Juni 2022, Mahkamah Eropa untuk Hak Asasi Manusia (ECHR) mengeluarkan putusan penting terhadap Rusia karena menganiaya .

ECHR menyatakan bahwa Rusia melanggar hukum karena untuk melarang kegiatan pada tahun 2017.

Mahkamah itu juga menyatakan bahwa melarang publikasi tercetak dan situs web resmi Saksi Yehuwa, yaitu jw.org, adalah tindakan ilegal.

Rusia diperintahkan untuk menghentikan semua proses pidana yang tertunda terhadap Saksi-Saksi dan membebaskan semua yang dipenjara.

Rusia juga diperintahkan untuk mengembalikan semua properti yang disita atau membayar kompensasi sebesar 59.617.458 euro ($63.684.978 AS) untuk hal yang sama (dalam bentuk kerugian uang).

Rusia juga diminta untuk membayar pemohon sejumlah 3.447.250 euro ($ 3.682.445 AS) sebagai ganti rugi non-uang.
Link ke ringkasan siaran pers ECHR (7 halaman)
Link ke putusan penuh (196 halaman)

Fakta Penting

Putusan tersebut membahas 20 kasus dari 2010 hingga 2019, yang melibatkan lebih dari 1.400 pemohon—Saksi secara perorangan dan badan hukum.

Namun, keputusan ECHR jauh melampaui para pemohon. Pernyataan itu menyatakan bahwa Rusia “Harus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjamin penghentian semua proses pidana yang tertunda terhadap . . . dan pembebasan semua yang telah dirampas kebebasannya.” (Cetak miring red.)

Putusan tersebut membenarkan setiap Saksi Yehuwa baik yang ada di dalam dan di luar Rusia, dan secara hukum menetapkan bahwa mereka adalah warga negara yang taat hukum yang secara keliru didakwa dan dipenjarakan.

Dalam seluruh putusannya, ECHR secara sistematis membantah klaim Rusia yang tidak berdasar bahwa tindakan, kepercayaan, publikasi, dan situs web Saksi adalah ekstremis. Misalnya, perhatikan bagian dari putusan berikut:

  • Tindakan: ECHR menekankan bahwa pengadilan Rusia ”tidak mengidentifikasi kata, perbuatan, atau tindakan apa pun dari pemohon yang akan dimotivasi atau dinodai oleh kekerasan, kebencian, atau diskriminasi terhadap orang lain.” (§271)
  • Keyakinan bahwa memiliki kebenaran: ”Berusaha secara damai untuk meyakinkan orang lain bahwa agamanya lebih unggul dan mendesak mereka untuk meninggalkan ‘agama palsu' dan bergabung dengan ‘yang benar' adalah bentuk yang sah dari pelaksanaan hak atas kebebasan beragama dan kebebasan berekspresi.” (§156)
  • Transfusi darah: ”Menolak transfusi darah merupakan ekspresi kehendak bebas dari anggota masyarakat yang menjalankan haknya atas otonomi pribadi dalam bidang perawatan kesehatan yang dilindungi baik di bawah Konvensi maupun dalam hukum Rusia.” (§165)
  • Menolak dinas militer karena hati nurani: ”Peringatan agama untuk menolak dinas militer tidak melanggar hukum Rusia mana pun.” (§169)
  • Publikasi: ”Kegiatan keagamaan pemohon dan isi publikasi mereka tampak damai sejalan dengan doktrin non-kekerasan yang mereka anut.” (§157)
  • JW.ORG: Mahkamah memutuskan bahwa konten di jw.org tidak ekstremis dan menegaskan bahwa jika pihak berwenang keberatan dengan informasi tertentu di situs web, mereka seharusnya meminta organisasi untuk menghapus hanya bagian-bagian yang mereka anggap menyinggung, bukannya melarang seluruh situs webnya. (§231 dan 232)

Putusan tersebut mengecam keras pihak berwenang Rusia dan menetapkan bahwa mereka berprasangka, menunjukkan sikap berat sebelah, dan ”tidak bertindak dengan itikad baik”. (§187) Misalnya, putusan memerinci penemuan-penemuan berikut yang dibuat oleh Mahkamah:

  • ”Pembubaran paksa semua organisasi keagamaan di Rusia bukan hanya akibat penerapan ketentuan hukum yang netral, tapi juga menunjukkan indikasi kebijakan intoleransi oleh otoritas Rusia terhadap praktik keagamaan yang dirancang untuk membuat meninggalkan iman mereka dan untuk mencegah orang lain bergabung dengannya.” (§254)
  • Otoritas Rusia mengizinkan ”kelemahan prosedural” yang serius, seperti ketika Mahkamah Agung Rusia mengandalkan laporan ahli yang berat sebelah yang dipilih oleh polisi dan jaksa daripada meninjau publikasi secara tidak memihak. (§203)
  • Undang-undang tentang ekstremisme secara strategis dirancang sedemikian luas dan kabur sehingga memungkinkan pihak berwenang untuk bertindak sewenang-wenang terhadap . (§272)

Menurut Mahkamah, Rusia melanggar beberapa pasal Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia:

  • Kebebasan berpikir, hati nurani, dan beragama (Pasal 9)
  • Kebebasan berekspresi (Pasal 10)
  • Kebebasan berkumpul dan berserikat (Pasal 11)
  • Pasal 1 Protokol No. 1 (hak untuk menghormati properti)

Dampak Putusan

  • Di dalam Rusia: Meskipun Rusia tidak lagi menjadi anggota Dewan Eropa, fakta-fakta kasus telah terjadi jauh sebelum Rusia mundur dan dikeluarkan dari Dewan. Rusia memiliki kesempatan untuk menanggapi argumen dalam semua kasus. Selain itu, ECHR telah menghubungkan putusan ini dengan pedoman yang baru saja diamandemen oleh Mahkamah Agung Rusia. Oleh karena itu, Rusia wajib untuk mematuhi isinya, terlebih lagi karena isi putusan ini berlaku secara tidak jelas bagi semua Saksi Yehuwa.
  • Di luar Rusia: Untuk semua negara di Eropa dan di tempat lain, ECHR, yang merupakan mahkamah hak asasi manusia internasional paling efektif di dunia, telah meneguhkan dengan sangat jelas bahwa adalah orang-orang yang penuh damai, yang kepercayaan dan praktiknya tidak berbahaya. Ini telah menunjukkan bahwa meskipun otoritas Negara mungkin tidak menyukai keyakinan Saksi Yehuwa, mereka tidak memiliki hak untuk meninjau kembali legitimasi Saksi Yehuwa, karena hal itu ada dalam ranah pribadi setiap individu. (§172)

Tambahan | Putusan Terhadap Lituania

Pada tanggal 7 Juni, ECHR mengeluarkan putusan terhadap Lituania karena menolak untuk memberikan pengecualian dari dinas militer kepada Stanislav Teliatnikov, seorang Saksi Yehuwa. Link ke putusan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang hal ini, silakan hubungi Departmen Humas SSYI di 021-2986-0800 atau email di [email protected]***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here