Ridwan Kamil Jenguk Jemaah Haji yang Stroke di Arab Saudi

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Haji 2022 · 8 Jul 2022 10:08 WIB

Beri Semangat, Ridwan Kamil Jenguk Jemaah Haji yang Stroke di Arab Saudi


 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi jemaah haji asal Jabar yang terkena stroke di Hotel Suad Palace dan Dar Hasan Hotel, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022 malam waktu setempat.(Dok pribadi Ridwan Kamil/Bogordaily.net) Perbesar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi jemaah haji asal Jabar yang terkena stroke di Hotel Suad Palace dan Dar Hasan Hotel, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022 malam waktu setempat.(Dok pribadi Ridwan Kamil/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendatangi penginapan jemaah haji yang stroke asal Jabar di Hotel Suad Palace dan Dar Hasan Hotel, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022 malam.

Selain menyapa para jemaah, Emil, sapaan akrabnya menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena terkena stroke.

“Salah satu jemaah Haji asal Subang Jawa Barat yang sedang mendapatkan ujian. Saya jenguk dan semangati semalam. Beliau sakit terkena stroke saat di tanah suci, yang membuatnya tidak mampu bergerak sehingga tidak bisa melaksanakan lanjutan ritual ibadah haji,” tulis Emil dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 Juli 2022.

Emil yang juga bertugas sebagai amirul haji Jabar mengatakan, tim haji Jabar sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan personel pengganti untuk melaksanakan badal haji.

“Untungnya, Islam memberikan kemudahan atau rukhsah kepada mereka yang berhalangan. Tim Haji Jawa Barat sudah mengantisipasi hal-hal ini, dengan menyiapkan personel pengganti Ibu Winingsih dengan syariat yang disebut Badal Haji atau dihajikan. Insya Allah, pulang ke tanah air tetap dengan predikat Hajjah yang menyempurnakan rukun islam ke-5 nya,” imbuhnya, dikutip dari Kompas.

Selain itu, Emil juga berbincang-bincang dengan para jemaah haji asal Jabar sekaligus menyantap bakso dan bala-bala. Kemudian, Emil juga bertemu dengan pemilik empat hotel yang menjadi penginapan jemaah haji asal Jabar.

Pertemuan itu untuk membahas permasalahan air yang sempat terjadi di hotel.

“Ini adalah Mr. Walid. Beliau memiliki empat hotel yang semua disewa oleh rombongan Jawa Barat, Indonesia. Ada komplain sedikit urusan air kemarin. Hari ini, beliau menyampaikan urusan air sudah tertangani. Jadi, itu contoh ada masalah kita respons, pemilik datang langsung,” kata Emil.

Sebelumnya, Emil sudah memastikan sistem pelayanan untuk jemaah haji asal Jabar, seperti logistik dan kesehatan, aman dan terkendali.

Selain klinik-klinik kesehatan di setiap hotel per sektor, hadir juga EMT (Emergency Medical Team) yang siap menangani masalah kesehatan para jemaah.

“Saya bersama EMT Emergency Medical Team yang memastikan jemaah kalau ada masalah kesehatan ditangani dengan baik. Yang kedua, mau menunggu atau di lapangan, ini ada tasnya. Isinya obat-obatan untuk nanti wukuf di Arafah yang memang paling masif. Tapi, kita doakan yang penting semua sehat,” ucapnya.

“Pergi selamat, pulang selamat, menjadi haji mabrur dan mabrurah,” jelasnya.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Operasional Haji 2022 Berakhir, Total 89 Jamaah Wafat

13 Agustus 2022 - 15:17 WIB

Selamat! Arab Saudi Beri Penghargaan ke Indonesia Atas Layanan Haji

12 Agustus 2022 - 10:36 WIB

Menilik Jabal Rahmah, Salah Satu Tempat yang Didatangi Jamaah Haji

11 Agustus 2022 - 13:42 WIB

Sudah 81.612 Jamaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air

10 Agustus 2022 - 09:10 WIB

Update! Sudah 78.369 Jamaah Haji Tiba di Indonesia

9 Agustus 2022 - 10:25 WIB

Badai Pasir di Madinah, Ini Pesan Buat Jamaah Haji Indonesia

8 Agustus 2022 - 14:57 WIB

Trending di Haji 2022