Monday, 29 April 2024
HomeNasionalRoad Map MGCR Menjadi “Minyak Kita”

Road Map MGCR Menjadi “Minyak Kita”

Bogordaily.net Secara perlahan pemerintah melalui koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi (Kemenko Marves), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian akan mengalihkan goreng curah menjadi dalam kemasan yang dinamakan Kita.

Proses ini masih cukup panjang dan juga selalu melihat adanya respon pasar dan masyarakat.

“Kedepannya kita akan coba transisi untuk curah ini. Nantinya curah ini akan kita kemas menjadi produk kemasan. Produsen yang produksi merk masing-masing tetap diizinkan asalkan mereka mendaftar untuk menyalurkan merk Kita,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan.

Walau begitu, Dirjen Oke menyampaikan untuk sekarang akan lebih fokus kepada bagaimana dalam negeri bisa terpenuhi lebih dahulu. Barulah akan disusun langkah selanjutnya.

Pada dasarnya kebijakan penggunaan untuk program dilaksanakan agar semua alur rantai distribusi dari hulu ke hilir terdata dengan baik.

Penggunaan juga akan terus dilakukan evaluasi secara berkala oleh Tim Task Force yang terdiri dari Kemenko Marves, Kemenko Perekonomian, Kemendag, dan Kemenperin.

“Pendekatan ke masyarakat harus edukatif – persuasif. Kita gak mau terlalu strict sama masyarakat. Kita mau kebutuhan masyarakat terpenuhi dan sekaligus kita lakukan evaluasi dan monitoring dari kebijakan ini secara ketat,” tegas Plt. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here