Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaRudal Rusia Hantam Pemukiman Ukraina, 23 Orang Tewas

Rudal Rusia Hantam Pemukiman Ukraina, 23 Orang Tewas

Bogordaily.net – Rusia kembali menembakkan ke wilayah pemukiman di pada Kamis, 14 Juli 2022.

Serangan ini menewaskan sekitar 23 orang dan melukai lebih dari 100 orang, serta puluhan lainnya hilang.

jelajah Kalibr yang ditembakkan dari sebuah kapal Rusia di Laut Hitam telah merusak sebuah klinik medis, kantor, toko dan bangunan tempat tinggal di , sebelah barat daya ibukota, Kyiv.

Gubernur wilayah , Serhiy Borzov mengatakan pertahanan udara berhasil menjatuhkan dua dari empat Rusia yang masuk. Namun 36 bangunan apartemen rusak dan 50 mobil terbakar di tempat parkir.

Presiden Volodymyr Zelensky menuduh Rusia sengaja menargetkan warga sipil. Hal itu dibuktikan dengan lokasi penembakan yang tidak memiliki nilai militer sedikit pun.

Sementara itu, pihak Rusia justru membantah tuduhan tersebut dan menyatakan hanya ingin menyerang sasaran militer di Ukraina.

“Serangan di menargetkan kediaman perwira, di mana persiapan oleh angkatan bersenjata Ukraina sedang berlangsung,” kata anggota misi tetap PBB, Evgeny Varganov, dikutip dari RMOL, Sabtu 16 Juli 2022.

Zelensky mengulangi seruannya agar Rusia dinyatakan sebagai negara sponsor terorisme.

“Tidak ada negara lain di dunia yang mewakili ancaman teroris seperti Rusia. Tidak ada negara lain di dunia yang setiap hari membiarkan dirinya menggunakan jelajah dan artileri roket untuk menghancurkan kota dan kehidupan manusia biasa,” tegas Zelensky.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here