Friday, 19 April 2024
HomeBeritaRusia Disebut Media Ukraina Salah Tembak Jet Sendiri Senilai Rp539 M

Rusia Disebut Media Ukraina Salah Tembak Jet Sendiri Senilai Rp539 M

Bogordaily.net disebut oleh media tak sengaja menembak jet pengebom Su-34 milik mereka sendiri di wilayah Luhansk. Kabarnya jet itu dilaporkan seharga US$36 juta atau setara Rp539 miliar.

“Penjajah dari pertahanan udara menembak pesawat mereka sendiri, yang sedang terbang di ruang udara Alchevsk,” demikian laporan dari media , dialog.ua.

Dilansir CNN Indonesia, sebagaimana diberitakan Newsweek, satu jet dilaporkan jatuh di Kota Alchevsk, Luhansk. Kota tersebut kini dikuasai oleh pasukan separatis yang didukung Moskow. Puing-puing jet Su-34 tampak dalam video dan gambar yang dirilis oleh Komando Strategis Angkatan Bersenjata pada Senin, 18 Juli 2022 kemarin.

Dalam video tersebut, juru kamera mengatakan puing merupakan pesawat . Namun, media lokal menyatakan jet itu merupakan milik Angkatan Bersenjata , berdasarkan catatan yang tertulis di pesawat.

Beberapa media Ukraina, termasuk TSN, melaporkan bahwa pesan berantai di Telegram menginformasikan penembakan jet Su-34 tersebut dilakukan oleh pertahanan udara .

Tak hanya itu Dialog.ua juga melaporkan bahwa penembakan mungkin saja terjadi pada Minggu, 17 Juli 2022 mengingat saat itu pasukan Ukraina meluncurkan serangan ke depot militer di kota itu.

Media Glavred juga memberitakan komentar yang menyebut jet tersebut merupakan milik Ukraina. Namun, media itu kemudian menghapus video yang disematkan di dalam berita setelah jelas bahwa jet yang jatuh merupakan milik Moskow.

Sementara itu pihak berwenang masih belum mengomentari laporan ini. Begitu pula dengan Newsweek yang belum bisa mengonfirmasi secara independen klaim tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here