Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorSatgas Gabungan Berhasil Amankan Rokok Cukai Ilegal di Kota Bogor

Satgas Gabungan Berhasil Amankan Rokok Cukai Ilegal di Kota Bogor

Bogordaily.net– Tim Satuan Tugas () TNI, Polri, Satpol PP dan Bea Cukai Bogor berhasil amankan ratusan rokok cukai ilegal, hasil giat operasi ke sejumlah warung-warung yang ada di Kota Bogor pada, Selasa 12 Juli 2022.

Musabab peredaran rokok dengan cukai ilegal semakin marak peredarannya di Kota Bogor, membuat para petugas gencar melakukan razia, dan hasilnya ratusan rokok cukai ilegal berhasil disita oleh tim .

Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (Gakkumda) pada Satpol PP Kota Bogor, Asep S Permana menjelaskan bahwa, tujuan dari kegiatan ini untuk memberantas cukai-cukai ilegal di Kota Bogor.

“Dampak dari peredaran rokok cukai ilegal ini menjadi favorit dari perokok pemula,” kata Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (Gakkumda) pada Satpol PP Kota Bogor, Asep S Permana.

Asep mengatakan, Kota Bogor saat ini menjadi target penjualan rokok cukai ilegal yang didistribusikan dari luar daerah Kota Hujan.

“Rokok ilegal ini harganya memang murah kemudian konsumennya kebanyakan anak muda yang notabene-nya uang saku sedikit penghasilan belum ada, tapi sudah kecanduan merokok, akhirnya mereka memilih rokok tersebut,” jelasnya.

Selama ini, kata Asep, Kota Bogor tidak ada produsen rokok-rokok dengan cukai ilegal, namun hanya menjadi target penjualannya saja. Terbukti dari hasil razia ratusan rokok dengan cukai ilegal berhasil diamankan.

Peredaran rokok cukai ilegal ini, kata Asep dapat merugikan negara, sebab tidak ada pemasukan pajak, khususnya di Kota Bogor sendiri.

“Memang di tengah kota tidak ada, adanya hanya di pinggiran dan warung-warung kecil yang distributornya melakukan pendistribusian melalui roda dua. Jelas ini merugikan negara, karena kalau tidak memakai cukai sama sekali menjadi tidak ada pemasukan kepada negara,” tutup Asep.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here