Sebelum Memasak, Berikut Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Kuliner · 10 Jul 2022 09:06 WIB

Sebelum Memasak, Berikut Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing


 Ilustrasi daging kambing. (Pixabay/SvenHilker/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi daging kambing. (Pixabay/SvenHilker/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Idul Adha identik dengan olahan makanan berbahan dasar daging. Baik daging sapi maupun kambing. Nah, sebelum mengolah daging kurban sebaiknya mengetahui cara mengidentifikasi atau membedakan daging sapi dan daging kambing saat Idul Adha. Dilansir Suara.com dari Antara, berikut ini cara membedakan daging sapi dengan kambing.

Aroma

Daging kambing mempunyai aroma yang khas dan cenderung kuat, atau yang biasa disebut prengus (memiliki aroma khas). Sementara daging sapi tidak mencolok dan tidak terlalu amis.

Tekstur dan serat

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga teksturnya lebih kasar dan ketika dipegang terasa lebih empuk. Sedangkan daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang, ketika dipegang pun terasa lebih kenyal dan halus.

Lemak

Daging sapi juga mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

Warna

Jika diperhatikan lebih seksama, kedua daging ini mempunyai warna yang berbeda. Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan.

Saat dimasak rasa kedua daging juga berbeda. Daging kambing mempunyai rasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih daging kambing dipengaruhi oleh aromanya.

Bila Anda mendapatkan daging sapi, tak perlu bingung harus memilih hidangan apa yang tepat untuk potongan daging tertentu. Ada beberapa rekomendasi menu yang cocok dengan tiap potongan daging.

Bila Anda mendapatkan has luar, potongan daging dari bagian bawah iga sampai ke luar has dalam, coba olah menjadi steak atau semur. Potongan has dalam dari bagian tengah bada sapi cocok untuk dimasak jadi semur, soto atau tumis daging. Sementara sandung lamur, bagian daging dari dada bawah, cocok untuk soto, rawon dan bakso.

Bila Anda kebagian sengkel, bagian depan atas kaki sapi, coba masak menjadi sup, soto, rawon, rendang atau bakso urat. Sementara buntut sapi yang diambil dari tulang ekor adalah bahan yang cocok untuk membuat sup bening, kaldu serta buntut bakar.

Potongan short ribs alias iga sapi yang lebih pendek dengan menyertakan sedikit tulang rusuk bisa Anda masak menjadi sop konro atau barbeque. Sisa tetelan yang ada bisa Anda manfaatkan untuk bahan membuat kaldu.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Cemilan Lezat dan Ekonomis Hanya dengan 2 Bahan Ini, Hasilnya Enak

2 Desember 2022 - 15:47 WIB

cemilan 2 bahan

Cemilan Unik Lumpur Surga dan Ice Tea Magic Dapurasa Ibu Wie, Ini Lokasinya

1 Desember 2022 - 19:52 WIB

cemilan lumpur surga

5 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Jogja yang Menggoyang Lidah

30 November 2022 - 19:30 WIB

tempat makan gudeg di Jogja

Menikmati Sensasi Mie Ayam Lada Hitam  

29 November 2022 - 13:33 WIB

Cemilan Asyik, Pisang Tanduk Cifor dengan Aneka Toping di Kota Bogor

28 November 2022 - 19:01 WIB

Pisang Goreng Cifor

Spesial Anniversary ke-3, LGE Beri Promo Wancikiwari Suki & Grill Garden

28 November 2022 - 15:52 WIB

Wancikiwari Suki
Trending di Kuliner