Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSebelum Shinzo Abe, Ini Deretan Upaya Pembunuhan Politikus Jepang

Sebelum Shinzo Abe, Ini Deretan Upaya Pembunuhan Politikus Jepang

Bogordaily.net– meninggal dunia usai ditembak saat berpidato pada Jumat, 8 Juli 2022. Kematian Mantan Perdana Menteri itu menambah panjang daftar politikus di Negeri Sakura yang menjadi sasaran pembunuhan. Penyerangan terhadap politikus-politikus ini terjadi di rentang waktu yang jauh. Berikut insiden penyerangan dan upaya pembunuhan yang menimpa politikus yang dirangkum CNN Indonesia dari Reuters dan Associated Press:

Nobusuke Kishi

Mantan Perdana Menteri yang merupakan kakek Abe, Nobusuke Kishi, ditusuk menggunakan pisau oleh pelaku yang berafiliasi dengan kelompok sayap kanan. Peristiwa terjadi pada 1960. Kishi selamat dari upaya penyerangan tersebut karena pisau tak mencapai pembuluh darah utamanya. Namun, hingga kini motivasi penyerang masih menjadi misteri.

Inejiro Asanuma

Masih pada tahun 1960,  mantan pemimpin Partai Sosialis , Inejiro Asanuma, tewas ditikam saat sedang kampanye politik. Pelaku adalah seorang pemuda dari sayap kanan.

Hyosuke Niwa

Kemudian tahun 1990, mantan Menteri Tenaga Kerja Hyosuke Niwa meninggal dunia usai terluka akibat serangan orang tak waras.

Hitoshi Motoshima

Pada tahun yang sama, mantan Wali Kota Nagasaki, Hitoshi Motoshima, mengalami luka serius setelah ditembak seorang tokoh sayap kanan.

Iccho Itoh

Pada 2007, mantan Wali Kota Nagasaki, Iccho Itoh, ditembak mati oleh anggota kelompok organisasi kejahatan.

Shin Kanemaru

Pada 1992, mantan wakil presiden Partai Demokrasi Liberal, Shin Kanemaru, menjadi sasaran penembakan seorang pria sayap kanan saat ia selesai berpidato. Kanemaru tidak mengalami luka-luka.

Morihiro Hosokawa

Mantan Perdana Menteri , Morihiro Hosokawa, sempat mengalami upaya penembakan dari ekstremis sayap kanan pada 1994. Namun, Hosokawa tak terluka.

Yoshiro Yanagawa

Pada 1996, mantan Wali Kota Mitake, Yoshiro Yanagawa, sempat diserang di rumahnya dan mengalami luka serius. Sebagaimana diberitakan Associated Press, Yanagawa selamat dari upaya penyerangan itu.

Kouki Ishii

Pada 2002, mantan anggota parlemen dari Partai Demokrasi, Kouki Ishii, ditusuk di depan rumahnya oleh perwakilan kelompok sayap kiri. Imbas insiden ini, Ishii meninggal dunia.

Koichi Kato

Rumah dan kantor mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Liberal, Koichi Kato, dibakar pada 2006. Kato selamat dalam upaya kejahatan tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here