Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaSelain Baunya yang Khas, Berikut Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Selain Baunya yang Khas, Berikut Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Bogordaily.net – Berita bahagia untuk pencinta . Buah berduri dan beraroma menyengat tersebut ternyata tidak menyebabkan kolesterol tinggi. Justru, buah bagi tubuh sangat beragam lho.

adalah salah satu buah yang digemari orang Indonesia. Meski harganya agak mahal, namun banyak orang yang mengincarnya saat musim tiba.

Selain rasanya enak, buah durian dipercaya juga punya banyak untuk . Apa saja manfaatnya?

Berikut fakta seputar buah durian yang mungkin belum diketahui, seperti dilansir dari laman Hello Sehat.

1. Kaya akan nutrisi

Buah durian mengandung bermacam-macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain vitamin B, C, dan E. Selain itu, durian juga kaya akan mineral, seperti zinc, cuprum, mangan, besi, natrium, magnesium, kalsium, kalium, fosfat, dan lain-lain.

2. Antioksidan yang baik

Selain kaya akan vitamin, durian yang terkenal dengan julukan raja buah-buahan ini juga memiliki efek antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting untuk menangkal radikal bebas, yaitu molekul yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh. Ya, durian mengandung beberapa zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, antara lain fenol, flavonoid, dan karotenoid.

3. Menjaga kadar lemak

Tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, buah durian ternyata juga memiliki sifat antilipidemik. Artinya, daging buah ini bisa mencegah kenaikan kadar kolesterol serta lemak jahat (LDL) dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa dalam durian terkandung asam lemak jenis n-3 yang dapat membatasi peningkatan kolesterol dalam darah.

Seperti buah dan makanan lain pada umumnya, durian juga tetap mengadung kalori. Kebanyakan kalori tentu akan mengarah pada berbagai masalah seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Kadar kolesterolnya nol

Banyak anggapan yang beredar di masyarakat bahwa durian mengandung banyak kolesterol sehingga dapat menyebabkan hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi). Pada kenyataannya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah berduri ini tidak memiliki kandungan kolesterol dalam buahnya. Maka, orang yang punya kondisi kolesterol tinggi sebenarnya boleh saja makan buah durian. Bila Anda belum yakin, langsung konsultasikan dengan dokter Anda.

5. Mencegah Penuaan Dini

Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan. Dengan begitu, makan durian bisa bikin Anda lebih awet muda.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian juga berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker. Oleh sebab itu, makan durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker. Selain itu, kandungan vitamin A, B, dan E pada buah yang memiliki cangkang berduri ini juga membantu memberikan efek yang sama.

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here