Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaSelain Berhenti Merokok, Ini 6 Jenis Makanan Pembersih Paru-Paru

Selain Berhenti Merokok, Ini 6 Jenis Makanan Pembersih Paru-Paru

Bogordaily.net– Paru-paru memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pernapasan, yakni sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida. Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk dilakukan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain mengonsumsi makanan pembersih paru-paru tentu hal tersebut harus dibarengi dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti berhenti merokok dan rajin berolahraga. Dikutip dari Aladokter.com, berikut 6 jenis makanan pembersih paru-paru:

Buah-buahan

Buah-buahan, seperti apel, jeruk, bit, dan buah beri, bisa menjadi pilihan makanan pembersih paru-paru. Buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi penting, seperti nitrat, kalium, vitamin C, flavonoid, beta karoten, lutein, serta berbagai macam antosianin, yang baik untuk paru-paru. Selain dapat membersihkan paru-paru, beragam nutrisi tersebut juga dipercaya dapat mengurangi tekanan darah, memaksimalkan penyerapan oksigen, menurunkan risiko terserang asma, serta menurunkan risiko terkena kanker paru.

Sayur-sayuran

Sayuran seperti paprika, kol merah, dan tomat, juga diduga bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru. Sayuran tersebut mengandung vitamin C, likopen, antosianin, serat, dan magnesium yang dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru. Berbagai nutrisi tersebut juga diduga dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama jika Anda pernah atau memiliki kebiasaan merokok.

Kacang-kacangan

Kacang edamame, kacang brazil, kacang almond, dan kacang mete adalah pilihan kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru. Kacang-kacangan tersebut diketahui mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan paru-paru, seperti isoflavon, selenium, dan magnesium.

Kunyit

Salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pembersih paru-paru adalah kunyit. Sebab kunyit diketahui mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Senyawa tersebut dipercaya dapat mendukung kesehatan paru-paru. Penelitian bahkan menunjukkan adanya peningkatan fungsi paru-paru sebesar 9% pada perokok yang mengonsumsi kurkumin.

Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan selenium yang diketahui mampu membantu membersihkan paru-paru. Nutrisi-nutrisi tersebut juga dipercaya dapat menjaga kesehatan dan fungsi paru. Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalam susu juga diduga dapat menurunkan risiko terserang penyakit paru obstruktif kronis. Susu dan produk olahannya bisa dijadikan pilihan makanan pembersih paru-paru.

Makanan laut

Makanan laut seperti ikan teri dan tiram, mengandung zinc, selenium, kalsium, zat besi, tembaga, dan vitamin B. Selain membantu membersihkan paru-paru, berbagai nutrisi tersebut juga dapat mengurangi gejala asma dan menurunkan risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis. Manfaat berbagai makanan di atas untuk membersihkan paru-paru masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here