Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaSelain Kurangi Mata Panda, Berikut 7 Manfaat Timun Untuk Mata

Selain Kurangi Mata Panda, Berikut 7 Manfaat Timun Untuk Mata

Bogordaily.net – Anda mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan irisan pada mata atau wajah dengan alasan kesehatan dan kecantikan. Beberapa orang percaya bisa menghilangkan mata panda. Berikut manfaat untuk mata.

Tak hanya dikonsumsi sebagai lalapan atau campuran acar dan salad, mentimun juga bisa dijadikan masker untuk mata dan area kulit sekitar mata.

Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah dengan menempelkan irisan mentimun di bagian mata. Selain sangat mudah dilakukan, berikut merupakan manfaat rutin merawat area mata dengan menempelkan irisan mentimun di area mata, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Berikut 7 Manfaat Untuk Mata

 

1. Mencegah Iritasi Mata

Mentimun mengandung asam askorbat dan kafeat yang efektif mengurangi retensi air di mata. Selain itu, kandungan vitamin C dalam mentimun bisa juga bertindak sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk mencegah iritasi pada mata dan membuat mata terlihat lebih berbinar.

2. Menenangkan mata

sering dikaitkan dengan relaksasi dan kecantikan. Mengoleskan campuran atau irisan ke mata dapat membantu menenangkan mata.

juga memiliki efek pendinginan pada kulit yang akan membuat Anda lebih rileks dan mengurangi kelelahan pada mata.

3. Mengatasi mata kering

Mengingat kandungan air dalam cukup tinggi, buah ini cocok untuk mengatasi mata kering. Mentimun dapat memberikan efek menghidrasi sehingga mengurangi kekeringan dan kemerahan pada mata.

4. Mengatasi mata bengkak

Dikutip dari IntechOpen, meletakkan irisan di mata sekitar 10 menit dapat menenangkan mata dan mengurangi bengkak di sekitar mata. Ini berasal dari efek pendinginan dan relaksasi dari mentimun.

Kandungan lignan dalam timun juga memiliki efek antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan.

Selain itu, timun juga kaya akan asam folat. Vitamin ini dapat merangsang antioksidan untuk membantu kulit menangkal racun dari lingkungan. Racun inilah yang dapat menyebabkan mata bengkak dan lelah.

5. Mengurangi mata panda

Dark circle atau mata panda mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang. Kurang tidur hingga gaya hidup kurang sehat bisa menjadi penyebab mata panda.

Timun memiliki kadar vitamin K yang tinggi. Vitamin ini dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata.

Mentimun juga mampu menghambat enzim yang terlibat dalam produksi melanin sehingga berpotensi mencerahkan kulit.

Selain itu, sifat antiinflamasi dari timun secara alami juga akan membantu membuat kulit lebih cerah.

6. Mengurangi kantong mata

Mentimun memiliki kandungan vitamin C dan asam kafeat yang kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu mengempeskan kantong mata..

Cobalah menggunakan masker timun untuk mata atau irisan mentimun di kelopak mata mampu untuk mengatasi kantong mata.

7. Menyamarkan kerutan

Satu lagi manfaat mentimun untuk mata adalah meremajakan kulit di sekitar mata. Anda bisa menggunakan irisan atau masker timun untuk mata agar kerutan tersamarkan.

Selain itu, menggunakan masker timun pada mata juga dapat membuat kulit lebih lembut dan tampak bercahaya.

Timun memiliki kandungan air yang tinggi, vitamin E, dan antioksidan. Kandungan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas atau penuaan.

Efek antiinflamasi pada mentimun pun berperan untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus di sekitar mata.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here