Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSelangkangan Gatal Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

Selangkangan Gatal Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

Bogordaily.net– kerap membuat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini umumnya bisa disebabkan karena infeksi jamur atau dermatitis.

Infeksi jamur dan dermatitis, disebabkan dua hal yang berbeda. Infeksi jamur disebabkan yang terlalu lembab, sedangkan dermatitis disebabkan karena alergi terhadap bahan skincare atau komponen tertentu.

Namun yang menjadi pertanyaan, jika selakangan tidak kunjung sembuh padahal sudah diobati, kenapa ya?

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Primaya Hospital Bekasi Utara, dr. Rachel Marsella R, SpDV, banyak orang kerap tidak bisa membedakan antara karena jamur atau dermatitis.

Kata dia, ini karena gejala kerap serupa, yakni timbul ruam atau beruntus merah bersisik disertai rasa . Padahal karena kedua kondisi ini berbeda, maka pengobatan yang keliru bisa menyebabkan tak kunjung sembuh.

“Jika pengobatan tidak tepat, keluhan bisa meluas dan bertambah berat. Luka lecet akibat garukan biasanya dapat menjadi faktor pemicu terjadinya infeksi bakteri,” ujar dr. Rachel menurut keterangan yang dilansir Suara.com.

Jika hal ini terjadi, kata dia pasien harus curiga jika sudah satu bulan lamanya mendapatkan pengobatan dan tidak ada perbaikan, maka segeralah lakukan pemeriksaan kembali.

“Sebaiknya segera kontrol ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat, untuk memastikan apakah penyakitnya benar infeksi jamur dan apakah pengobatan yang dipakai selama ini sudah tepat,” tutup dr. Rachel.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here