Sering Mengalami? Ini Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kesehatan · 15 Jul 2022 06:13 WIB

Sering Mengalami? Ini Cara Mengobati Sakit Tenggorokan


 Ilustrasi sakit tenggorokan. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Sakit tenggorokan merupakan kondisi saat tenggorokan terasa nyeri, tidak nyaman, gatal, atau kering. Keluhan itu sering kali menjadi gejala dari kondisi medis atau penyakit tertentu, misalnya faringitis, radang amandel, laringitis, dan GERD.  Tenggorokan yang sakit biasanya disertai gejala lain, seperti hidung tersumbat, pilek, batuk, demam, sensasi terbakar, pembengkakan kelenjar di leher, sulit menelan, dan kehilangan nafsu makan. Sakit tenggorokan bisa diobati dengan berbagai cara. Ada cara alami maupun medis.  Dilansir Alodokter.com, berikut ini adalah cara mengobati sakit tenggorokan yang bisa Anda lakukan:

Air garam

Dengan air garam sakit tenggorokan dan bengkak bisa mereda. Tak hanya itu air garam juga bisa mengencerkan dahak. Berkat manfaatnya ini, air garam sering digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman saat tenggorokan terasa sakit. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan garam cukup mudah. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Aduk hingga garam larut, kemudian berkumur selama beberapa detik. Ludahkan dan ulangi beberapa kali setiap hari hingga rasa sakit tenggorokan berkurang.

Madu

Madu dapat meredakan iritasi dan sakit tenggorokan. Madu juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Dalam memanfaatkan madu untuk mengobati sakit tenggorokan cukup mengonsumsi 2 sendok teh sebelum tidur. Madu juga bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan pada minuman hangat, misalnya teh.

Teh hitam hangat

Teh hitam hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Teh hitam mengandung senyawa tanin yang bermanfaat untuk meredakan pembengkakan, sehingga mengurangi ketidaknyamanan saat sakit tenggorokan. Sebisa mungkin jangan gunakan air panas karena dapat memicu iritasi tenggorokan dan justru membuat rasa sakit bertambah parah.

Larutan baking soda

Berkumur dengan larutan baking soda yang dicampur sedikit garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Cara ini dipercaya mampu membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur di mulut maupun tenggorokan. Cara membuat larutan baking soda cukup dengan mencampurkan 1 gelas air hangat, 1/4 sendok teh baking soda, dan sejumput garam. Berkumurlah selama beberapa menit dan ulangi setiap 3 jam sekali.

Konsumsi obat-obatan medis

Bila berbagai cara alami di atas tidak efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan yang dialami, penggunaan obat medis pun bisa menjadi pilihan. Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan penyebabnya sehingga sering kali memerlukan pemeriksaan dokter lebih dulu.***

 

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Murah Meriah! Kenalin Nih Batu Tawas Penghilang Bau Ketiak

28 September 2022 - 19:24 WIB

batu tawas bau ketiak

Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?

28 September 2022 - 18:45 WIB

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

28 September 2022 - 18:37 WIB

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

28 September 2022 - 18:16 WIB

Perhatikan Yuk, Ini Waktu Ideal untuk Berhubungan Seks

27 September 2022 - 20:48 WIB

Waktu ideal berhubungan seks

Hempaskan Lemak Perut, Coba 5 Minuman Ini di Pagi Hari

27 September 2022 - 17:28 WIB

Trending di Kesehatan