Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSering Mengalami? Ini Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Sering Mengalami? Ini Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Bogordaily.net– merupakan kondisi saat tenggorokan terasa nyeri, tidak nyaman, gatal, atau kering. Keluhan itu sering kali menjadi gejala dari kondisi medis atau penyakit tertentu, misalnya faringitis, radang amandel, laringitis, dan GERD.  Tenggorokan yang sakit biasanya disertai gejala lain, seperti hidung tersumbat, pilek, batuk, demam, sensasi terbakar, pembengkakan kelenjar di leher, sulit menelan, dan kehilangan nafsu makan. bisa diobati dengan berbagai cara. Ada cara alami maupun medis.  Dilansir Alodokter.com, berikut ini adalah cara mengobati yang bisa Anda lakukan:

Air garam

Dengan air garam dan bengkak bisa mereda. Tak hanya itu air garam juga bisa mengencerkan dahak. Berkat manfaatnya ini, air garam sering digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman saat tenggorokan terasa sakit. Cara mengobati dengan garam cukup mudah. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Aduk hingga garam larut, kemudian berkumur selama beberapa detik. Ludahkan dan ulangi beberapa kali setiap hari hingga rasa berkurang.

Madu

Madu dapat meredakan iritasi dan . Madu juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab . Dalam memanfaatkan madu untuk mengobati cukup mengonsumsi 2 sendok teh sebelum tidur. Madu juga bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan pada minuman hangat, misalnya teh.

Teh hitam hangat

Teh hitam hangat juga dapat meredakan . Teh hitam mengandung senyawa tanin yang bermanfaat untuk meredakan pembengkakan, sehingga mengurangi ketidaknyamanan saat sakit tenggorokan. Sebisa mungkin jangan gunakan air panas karena dapat memicu iritasi tenggorokan dan justru membuat rasa sakit bertambah parah.

Larutan baking soda

Berkumur dengan larutan baking soda yang dicampur sedikit garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Cara ini dipercaya mampu membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur di mulut maupun tenggorokan. Cara membuat larutan baking soda cukup dengan mencampurkan 1 gelas air hangat, 1/4 sendok teh baking soda, dan sejumput garam. Berkumurlah selama beberapa menit dan ulangi setiap 3 jam sekali.

Konsumsi obat-obatan medis

Bila berbagai cara alami di atas tidak efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan yang dialami, penggunaan obat medis pun bisa menjadi pilihan. Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan penyebabnya sehingga sering kali memerlukan pemeriksaan dokter lebih dulu.***

 

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here