Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaSosok Akie Abe Istri Shinzo Abe, Eks Ibu Negara Jepang Pendukung Legalisasi...

Sosok Akie Abe Istri Shinzo Abe, Eks Ibu Negara Jepang Pendukung Legalisasi Ganja

Bogordaily.net– Kematian mantan Perdana Menteri Jepang yang ditembak saat berpidato meninggalkan duka bagi rakyat Jepang. Terutama sang istri, . Saat prosesi pemakaman , ia menjadi tuan rumah pemakaman, Selasa, 12 Juli 2022 kemarin. Bagaimana mantan Ibu Negara Jepang itu? Berikut , istri Shinzo Abe.

Dilansir CNN Indonesia, lahir dengan nama Akie Matsuzaki dan menikah dengan Abe pada 1987. Ia berasal dari keluarga yang kaya di Tokyo. Akie menempuh pendidikan di sekolah Katolik swasta dan sekolah vokasi khusus perempuan. Ia dikenal dapat berbahasa Inggris dengan baik. Setelah lulus, Akie bekerja di agen periklanan Jepang Dentsu.

Pada umur 22, Akie bertemu Shinzo Abe yang lebih tua tujuh darinya dan berpacaran selama dua tahun sebelum akhirnya menikah pada 1987.

Pasangan ini tak pernah memiliki anak. Akie menyampaikan pasangan itu sempat mencoba perawatan kesuburan pada awal pernikahan mereka, tetapi tidak berhasil.

Selama ini Akie dikenal sebagai yang cukup bebas. Setelah Abe mengundurkan diri dari bangku perdana menteri pada 2007, Akie berencana membuka pub izakaya. Pub itu diberi nama UZU, yang berarti pusaran air, dan dibuka pada 2012 di Distrik Kanda, Tokyo.

Beberapa tahun sebelum Abe kembali menjabat sebagai perdana menteri, Akie menempuh pendidikan magister ilmu desain sosial di Universitas Rikkyo.

Selama menjadi ibu negara Jepang, Akie dikenal memiliki pandangan yang liberal dan progresif.

, sebagai ibu negara, tentu saja tak seperti banyak pendahulunya,” kata Tobias Harris, rekan senior untuk Asia di Pusat Perkembangan Amerika, dikutip dari CNN.

Sikap Akie yang memiliki pandangan progresif, ceria, dan bebas, membuatnya disayang oleh publik Jepang.

Selain itu, beberapa media Jepang bahkan menjuluki Akie sebagai  partai oposisi domestik  Abe. Akie kerap menentang beberapa kebijakan Abe, mulai dari dorongan tenaga nuklir hingga kesepakatan Kemitraan Trans-Pasifik.

Pada 2016, ia bahkan pernah bertemu dengan demonstran di Okinawa yang menolak ekspansi pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat. Padahal, ekspansi tersebut didukung oleh Abe.

“Saya ingin mengumpulkan dan memberikan pandangan yang tidak sampai ke suami saya atau lingkarannya,” kata Akie dalam wawancara Bloomberg pada 2016.

“Itu mirip seperti partai oposisi, saya rasa,” sambungnya.

Tak hanya berani menentang pandangan Abe, juga memiliki pandangan maju yang kadang aneh bagi nilai-nilai konservatif.

Akie juga merupakan salah satu pendukung vokal hak-hak LGBTQ. Ia bahkan sempat bergabung dalam parade gay di Tokyo 2014. Selain itu, Akie mendukung penggunaan ganja medis. Ia sempat berfoto dengan latar ladang ganja pada 2015.

Meski demikian, hubungan Akie dan Abe tetap harmonis meski kadang mereka berbeda pandangan. Pasangan itu sering bergandengan tangan saat turun dari pesawat kala mereka melakukan kunjungan kenegaraan.

Abe juga sering muncul dalam unggahan Instagram Akie, mulai dari Abe tersenyum, mengelus anjing di sofa, membaca koran di mobil, dan berpose bersama semangkuk Udon bumbu kari.

Akie juga merupakan istri dari menteri Jepang pertama yang secara aktif menggunakan media sosial, khususnya Facebook dan Instagram. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here