Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaSudah 36 Ribu Jamaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air

Sudah 36 Ribu Jamaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air

Bogordaily.net–  Sebanyak 36 ribu jamaah asal Indonesia sudah kembali ke Tanah Air dan tergabung dalam 91 kelompok terbang (kloter).

Direktur Layanan Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab menjelaskan dengan kembalinya 91 kloter itu, saat ini tinggal 23 kloter lagi yang masih berada di Jeddah.

“Ada 114 kloter jamaah gelombang pertama yang mendarat di Madinah pada fase keberangkatan. Artinya, masih ada 23 kloter jamaah lagi yang akan pulang dari Jeddah hingga 30 Juli mendatang,” kata Saiful dikutip Suara.com dari Antara.

Saiful menjelaskan, pemulangan jamaah yang kembali pada gelombang pertama sudah berlangsung sejak 15 Juli hingga 30 Juli 2022. Mereka dipulangkan dengan pesawat Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines dari Jeddah.

Sementara untuk jamaah Indonesia gelombang kedua yang mendarat di Jeddah pada fase kedatangan, sejak 21 Juli sudah diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah secara bertahap yang akan berlangsung hingga 4 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, sebanyak 22.861 jamaah gelombang kedua saat ini sudah berada di Madinah. Mereka sedang menjalani ibadah Arbain, shalat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi.

“Jamaah gelombang kedua ini akan mulai pulang ke Tanah Air pada 30 Juli 2022 melalui Bandara AMAA Madinah. Kloter terakhir jamaah Indonesia akan pulang dari Madinah pada 14 Agustus 2022,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here