Friday, 29 March 2024
HomeTravellingSuka Mendaki? Simak 6 Fakta Menarik Gunung Arjuno

Suka Mendaki? Simak 6 Fakta Menarik Gunung Arjuno

Bogordaily.net – Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas outdoor yang banyak digemari. Salah satu gunung di Jawa Timur yang kerap menjadi tujuan para pendaki yakni Gunung Arjuno. Berikut fakta menarik terkait Gunung Arjuno.

Secara administratif, gunung ini berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan.

Gunung Arjuno di Jawa Timur merupakan salah satu favorit banyak pendaki gunung karena ketinggiannya. Selain itu juga banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sekitar Gunung Arjuno. Mulai dari hulu sungai, air terjun, hingga kawasan populer.

Bagi kamu yang masing asing dengan Gunung Arjuno, intip yuk 9 potret beserta fakta menarik dari Gunung Arjuno di bawah ini. Bisa menjadi bekal ketika mendaki atau sekadar menambah wawasanmu tentang Gunung Arjuno.

Berikut adalah fakta-fakta Gunung Arjuno, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Arjuno Welirang adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak Arjuno, yang dikenal dengan nama Puncak Ogal Agil, berada di ketinggian 3.399 mdpl.

2. Tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru

Setelah Gunung Semeru, Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur. Selain itu, Gunung Arjuno juga menjadi gunung tertinggi keempat di Pulau Jawa.

3. Terletak di perbatasan Kota Batu

Secara administratif, Gunung Arjuno terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, yang berada di bawah pengelolaan Tahura Raden Soerjo.

4. Tidak memiliki kawah

Gunung Arjuno terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang. Gunung ini tidak memiliki kawah sehingga asap putih yang biasanya tampak berasal dari Gunung Welirang di dekatnya.

Kompleks Arjuno-Welirang sebenarnya berada di dua gunung berapi yang lebih tua, yakni Gunung Ringgit di timur dan Gunung Lincing di selatan.

5. Memiliki beberapa objek

Tidak hanya menjadi tujuan , Gunung Arjuno juga memiliki beberapa objek , salah satunya adalah air terjun Kakek Bodo, yang juga termasuk salah satu jalur .

Selain itu, objek yang populer dan berada di lereng Gunung Arjuno adalah Tretes, Kota Batu, dan Taman Safari Indonesia 2.

6. Dapat didaki dari berbagai arah

Gunung Arjuno dapat didaki dari berbagai arah, yakni dari arah utara (Tretes) melalui Gunung Welirang, arah timur (Lawang), arah barat (Batu-Selecta), dan arah selatan (Karangploso), juga dari Sumberawan, Singosari.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here