Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiSuku Bunga Naik, Menkeu: Cicil KPR Makin Berat

Suku Bunga Naik, Menkeu: Cicil KPR Makin Berat

Bogordaily.net– Tren kenaikkan global akibat tingginya inflasi berimplikasi langsung terhadap sejumlah kemampuan ekonomi masyarakat, salah satunya soal membeli rumah.

Menteri Keuangan Indrawati mengatakan dengan terus naiknya global makin membuat masyarakat yang memiliki penghasilan rendah akan sulit untuk mendapatkan rumah yang mereka inginkan karena bunga kredit yang tinggi.

“Untuk membeli rumah 15 tahun mencicil di awal berat, dulu, principal-nya di belakang,” kata dalam webinar bertajuk Securitization Summit 2022: Unlocking Securitization Role in Developing Sustainable Finance, di Jakarta, sebagaimana dilansir Suara.com, Rabu, 6 Juli 2022.

Sampai saat ini, Bank Indonesia masih mempertahankan acuan mereka di level 3,5 persen sejak Maret 2021. Namun, diperkirakan BI akan menaikkan sebesar 25-50 bps pada tahun ini. Ketika BI mengkerek bisa menyebabkan kenaikan bunga pinjaman perbankan, termasuk untuk .

“Itu karena dengan harga rumah tersebut dan interest rate sekarang harus diwaspadai karena cenderung naik dengan inflasi tinggi,” kata .

Kondisi ini menurut Sri Mulyani,  dikhawatirkan membuat masyarakat semakin sulit untuk memiliki rumah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here