Monday, 27 May 2024
HomePolitikSurvei LANSKAP: Ganjar Unggul di Jateng, Prabowo di Jatim

Survei LANSKAP: Ganjar Unggul di Jateng, Prabowo di Jatim

Bogordaily.net– Survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden (capres) di Pilpres 2024 dirilis LANSKAP. Dalam survei khususnya di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, unggul di Jateng, sedangkan di Jatim.

Direktur Eksekutif LANSKAP, Mochammad Toha, menjelaskan pihaknya coba melempar pertanyaan kepada responden yakni sebagai berikut seandainya pemilihan presiden dilaksanakan hari ini siapakah yang akan Anda pilih? Pertanyaan dilempar ke responden pemilih Jawa Tengah.

“Terkait elektabilitas 23 tokoh nasional dan lokal yang digadang-gadang menjadi capres, Jateng masih menjadi basis dukungan terbesarnya Ganjar,” kata Toha dalam paparannya, dikutip Suara.com, 18, Juli 2022.

Dalam survei tersebut Ganjar memperoleh angka 22,4 persen, dengan 20,5 persen, Anies Baswedan 12,1 persen, Puan Maharani 10,2 persen, Tri Rismaharini 3,6 persen, Ridwan Kamil 2,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,1 persen, Basuki Tjahja Purnama 1,1 persen.

Kemudian Khofifah Indar Parawansa 1,1 persen, Abdul Muhaimin Iskandar dengan angka 1,1 persen, Mahfud MD 1,1 persen, Andika Perkasa 1,1 persen, Srimulyani 1,1 persen.

“Sementara belum punya pilihan 11,2 persen dan yang tidak tahu atau tidak menjawab 9,9 persen,” jelasnya.

Toha mengungkapkan, seharusnya Ganjar bisa mendominasi Jateng. Namun kali ini menurutnya, elektabilitasnya terkikis dan tak berbeda jauh dari Prabowo.

“Telah terkikis oleh Prabowo dan calon lainnya. Prabowo memberikan kejutan memeroleh elektabilitas 20,5% di Jateng; Anies berada diposisi ketiga dengan elektabilitas 12,1%, posisi keempat ditempati oleh Puan dengan persentase 10,2% dan kelima oleh Tri Rismaharini 3,6%,” tuturnya.

Di Jatim, kata Toha Prabowo unggul elektabilitasnya dari para figur lain dan menunjukkan hal yang berbeda.

“Prabowo keluar sebagai capres dengan elektbilitas tertinggi dengan persentase keterpilihan sebesar 25,4%. Sementara posisi berikutnya ditempati berturut-turut oleh Anies (13,4%); Khofifah (10,2%); Ganjar (9,2%); Sandiaga (4%) dan calon lainnya,” jelasnya lagi.

Lalu di bawah Sandiaga ada Puan Maharani dengan 3,8 persen, Mahfud MD 3,1 persen, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 3,1 persen, Erick Thohir 2,5 persen, Ridwan Kamil 2,2 persen, Basuli Tjahja Purnama 1,5 persen, Ahmad Syaikhu 1,5 persen, Tri Rismaharini 1,5 persen, AHY 1,1 persen, Sri Mulyani 1,1 persen dan Airlangga Hartarto 0,8 persen. Sisanya yakni Surya Paloh dan Tito Karnavian 1,1 persen dan 0,2 persen.

“Masih ada 13,5% penduduk Jatim yang belum menentukan pilihannya,” imbuhnya.

Survei dilakukan di Provinsi Jateng dan Jatim pada periode 29 Juni sampai 8 Juli 2022, dengan responden sebanyak 880 menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error +/- 3,3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Pengumpulan data secara direct interview.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here