Wednesday, 15 May 2024
HomeViralTagar Tangkap Abu Janda Trending Topic di Twitter, Ini Penyebabnya!

Tagar Tangkap Abu Janda Trending Topic di Twitter, Ini Penyebabnya!

Bogordaily.net– atau Permadi Arya kembali menjadi perbincangan atau sorotan publik. Nama lagi-lagi berada di jajaran trending topic Twitter lantaran diburu oleh warganet. Tagar ‘Tangkap ' menggema di Twitter. Warganet mendesak polisi meringkus Permadi Arya lantaran dianggap membuat hoaks.

Hal ini terjadi usai unggahan videonya di Instagram mengenai komentar Gubernur DKI Jakarta, , terkait lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dalam video yang diunggah pada Rabu, 6 Juli 2022, terlihat Anies yang menjelaskan bahwa ACT merupakan lembaga dengan sistem untuk menyalurkan harta milik orang berkekurangan kepada mereka yang hidupnya lebih sejahtera.

“Bahwa ACT menciptakan suatu sistem, di mana mereka yang kekurangan memberikan kepada mereka yang berpunya. Mereka yang membutuhkan memberikan kepada mereka yang berlebih,” demikian isi video tersebut, dikutip Suara.com, Jumat, 8 Juli 2022.

“Sistem ini merupakan pendekatan yang amat menarik dan ini adalah salah satu contoh inovasi profit (CUAN), tapi insya Allah this is always for BENEFIT (keuntungan),” sambungnya.

Video inilah kemudian menjadi sorotan, apalagi dikenal sebagai salah satu pegiat media sosial yang sangat aktif menyerang .

Hingga belakangan terungkap bahwa video tersebut hoaks belaka. Hal ini seperti disampaikan oleh Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), bahwa video unggahan tersebut telah diedit sedemikian rupa.

Hal senada juga disampaikan oleh akun Instagram @geisz_chalifah yang kemudian mengunggah potongan video dari media resmi ACT. Tampak Anies sedang berkegiatan dalam agenda ACT, lalu memberikan sambutannya.

“Karena itu saya menyampaikan apresiasi bahwa ACT langsung bertindak cepat, langsung bertindak tanggap (dengan) menciptakan satu sistem,” kata Anies dalam video yang diunggah @geisz_chalifah tersebut.

Kata-kata yang disampaikan sebenarnya nyaris serupa dengan yang tampak di video unggahan , tetapi susunannya dibolak-balik sehingga menimbulkan persepsi yang salah kaprah.

“Di mana mereka yang berpunya memberikan kepada mereka yang kekurangan. Mereka yang berlebih memberikan kepada mereka yang membutuhkan,” ungkap Anies.

“Sistem ini merupakan pendekatan yang amat menarik. Karena bukan lewat negara, tetapi lewat antarmasyarakat,” imbuhnya.

Terungkapnya video unggahan yang diedit inilah yang membuatnya menjadi bulan-bulanan warganet hingga muncul tagar ‘Tangkap Abu Janda' bergema di Twitter.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here