Tak Muncul Setiap Saat, Ini 3 Tips Melihat Embun Upas Dieng

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Wisata · 1 Jul 2022 10:16 WIB

Tak Muncul Setiap Saat, Ini 3 Tips Melihat Embun Upas Dieng


 Penampakan embun es di Kompleks Candi Arjuna Dieng yang muncul pada akhir Juni 2022. (Citra Ningsih/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Penampakan embun es di Kompleks Candi Arjuna Dieng yang muncul pada akhir Juni 2022. (Citra Ningsih/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Selain pemandangan yang indah, Dieng juga memiliki fenomena yang disebut embun upas. Namun, embun upas tak setiap waktu muncul di kawasan Dieng.   Embun upas atau disebut dengan bun upas terjadi saat udara di sana berada di bawah nol derajat Celcius. Dilansir Suara.com, berikut tips melihat embun upas Dieng:

Datang saat Musim Kemarau

Tidak dapat dipastikan hal ini akan terjadi, tetapi kemungkinan akan meningkat pesat saat Anda berkunjung di musim kemarau. Musim kemarau menjadi saat terjadinya perbedaan suhu ekstrim di Dieng, sehingga embun upas lebih mudah muncul. Untuk bulannya sendiri, embun upas ideal muncul pada bulan Juli, Agustus, hingga September. Pada bulan lain juga masih mungkin muncul, tetapi pada 3 bulan ini embun upas paling sering tampak.

Tanya pada Warga Sekitar

Bertanya pada warga sekitar untuk mengetahui lokasi dan saat kemunculan embun upas bisa jadi tips berikutnya. Warga tentu paham benar kapan dan bagaimana kondisi ideal fenomena ini terjadi, sehingga bisa membantu Anda untuk menemukannya. Tanyakan pada pemandu wisata atau pengelola penginapan terkait hal tersebut. Biasanya informasi berguna akan muncul dari masyarakat asli Dieng.

Biasanya, wisatawan yang ingin melihat embun upas di Dieng akan berkunjung ke area Candi Arjuna dan area terbuka lainnya di sana. Sebab rerumputan dan semak banyak ditemukan di sana dan embun yang membeku akan terlihat.

Persiapkan Pakaian Hangat

Embun upas muncul pada saat suhu di Dieng berada di kisaran nol sampai beberapa derajat Celcius di bawah nol. Tentunya, hawa di sana akan sangat dingin. Maka dari itu tips ketiga yang harus Anda ikuti adalah membawa pakaian hangat agar tetap merasa nyaman saat menikmati fenomena ini.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Kaya Akan Destinasi Wisata, Air Terjun Tirta Buana Bali Jadi Buruan Para Turis

13 Agustus 2022 - 09:51 WIB

Air Terjun Tirta Buana Bali

Perosotan Seru di Rainbow Slide Lembang, Ini Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

12 Agustus 2022 - 21:37 WIB

Harga Tiket Rainbow Slide Lembang

Ulasan Lengkap, Harga Tiket, Jam dan Fasilitas Taman Fathan Hambalang Bogor

12 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Indahnya, Destinasi Wisata Khusus Muslim di Australia, Ada Istana dan Berlimpah Makanan Halal

11 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Atlas Beach Fest, Tempat Mewah Menikmati Pantai Indah di Bali

11 Agustus 2022 - 15:01 WIB

Pemerintah Bangun Sarana Wisata Skala Internasional di Labuan Bajo

11 Agustus 2022 - 06:18 WIB

Sarana Wisata Labuan Bajo
Trending di Wisata