Friday, 10 May 2024
HomeBeritaTerlalu Banyak Makan Daging, Ini 5 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

Terlalu Banyak Makan Daging, Ini 5 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

Bogordaily.net– Terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak seperti daging yang berlemak saat perayaan Hari Raya Idul Adha dapat memicu naik.  Kondisi tersebut menjadi salah satu faktor pemicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke. Cara mengobati kolestrol tinggi tidak melulu harus dengan menggunakan obat-obatan. Bisa juga menggunakan cara alami untuk menurunkan kadar yang tinggi. Dirangkum Your Say Suara.com dari Halodoc, berikut ini lima cara alami turunkan kadar :

Makanan Rendah Lemak

Penyebab utama tinggi adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Oleh karena itu, untuk menurunkan kadar adalah dengan mengurangi konsumsi lemak terutama lemak trans dan lemak jenuh.  Kemudian, ganti dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti yang terkandung dalam  salmon, mackerel, herring dan lain-lain.

Mengonsumsi Serat yang Banyak

Cara turunkan secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi banyak serat ini dapat cepat larut dan mengurangi penyerapan dalam aliran darah. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut contohnya adalah oatmeal, kacang merah, kubis, apel dan pir.

Gemar Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik mampu membakar sisa-sisa lemak yang dapat menyumbat aliran darah. Dengan berolahraga secara teratur juga membantu dalam meningkatkan baik (HDL).  Kamu bisa mengusahakan setidaknya berolahraga selama 30 menit dalam lima kali seminggu. Sebagai contoh bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan cepat, bersepeda atau berenang.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok juga termasuk faktor risiko penyakit . Maka sebaiknya kamu berhenti merokok agar otomatis lemak baik (HDL) yang ada pada tubuhmu mengalami peningkatan.

Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Meminum alkohol dalam jumlah sedang juga dapat meningkatkan kadar HDL yang lebih tinggi. Apabila kamu salah satu orang yang gemar minum alkohol, konsumsi dalam jumlah sedang saja. Namun, alangkah baiknya untuk berhenti mengonsumsi alkohol karena ini juga tidak baik bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here