Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaTerpapar Matahari, Ini Cara Melindungi Kulit dari Sinar UV

Terpapar Matahari, Ini Cara Melindungi Kulit dari Sinar UV

Bogordaily.net–  dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, serta membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Meski dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan, bukan berarti harus menghindarinya sama sekali. juga memiliki manfaat bagi kesehatan, asalkan paparannya tidak terlalu lama atau pada jam yang aman, yakni sekitar pukul 7 sampai 9 pagi. Namun, jika berlebihan juga berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut cara melindungi kulit dari dampak seperti dilansir dari Aladokter:

Gunakan krim tabir surya secara rutin

Gunakan selalu tabir surya dengan SPF 30 setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Hal ini dilakukan agar kulit terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB Jangan lupa oleskan kembali tabir surya secara rutin setelah 1 jam pemakaian. Agar lebih aman, pemakaian tabir surya, baik itu sunscreen atau sunblock juga perlu dilakukan meski Anda sedang berada di dalam ruangan. Anda juga perlu menggunakan sunblock secara merata di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, leher, telinga, mata, bibir, dan punggung.

Kenakan pakaian yang tertutup

Cara melindungi kulit dari berikutnya adalah selain menggunakan tabir surya, Anda juga dapat mengenakan pakaian yang tertutup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Kenakan pakaian lengan panjang, celana panjang, dan topi dengan tepian yang lebar.

Hindari paparan sinar matahari pada waktu tertentu

Sebisa mungkin, hindari terlalu lama beraktivitas di luar rumah pada pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang, karena radiasi sedang tinggi-tingginya.

Gunakan kacamata hitam

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sinar matahari tidak hanya dapat membahayakan kulit, tetapi juga mata. Oleh karena itu, gunakan kacamata hitam atau kacamata anti radiasi yang mampu memberikan perlindungan terhadap saat Anda beraktivitas di luar ruangan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here