Friday, 17 May 2024
HomeEkonomiTertinggi Sejak 41 Tahun Lalu, Inflasi AS Makin Menggila

Tertinggi Sejak 41 Tahun Lalu, Inflasi AS Makin Menggila

Bogordaily.net di kali ini tertinggi sejak tahun 1981 atau 41 tahun lalu. Badan Pusat Statistik (BPS) (AS) melaporkan laju negara tersebut pada Juni mencapai 9,1 persen.

“Para konsumen harus membayar harga yang lebih tinggi untuk berbagai barang pada bulan Juni karena terus menahan perlambatan ekonomi AS,” sebut Biro Statistik Tenaga Kerja mengutip Suara.com dari CNBC, Kamis, 14 Juli 2022.

Indeks harga konsumen, barang dan jasa sehari-hari yang terkait dengan biaya hidup, melonjak 9,1 persen dari tahun lalu, di atas perkiraan Dow Jones 8,8 persen. Itu menandai laju tercepat sejak November 1981.

Sementara itu laju inti negeri Paman Sam meningkat 5,9 persen dibandingkan dengan perkiraan 5,7 persen. inti memuncak pada 6,5 persen pada bulan Maret dan telah turun sejak itu.

Pada basis bulanan, IHK utama naik 1,3 persen dan IHK inti naik 0,7 persen dibandingkan dengan perkiraan masing-masing 1,1 persen dan 0,5 persen.

Secara bersama-sama, angka-angka tersebut tampaknya bertentangan dengan narasi bahwa mungkin memuncak, karena kenaikannya didasarkan pada berbagai kategori.

“CPI memberikan kejutan lain, dan sama menyakitkannya dengan angka Juni yang lebih tinggi, sama buruknya dengan sumber yang meluas,” kata Robert Frick, ekonom korporat di Navy Federal Credit Union.

“Meskipun lonjakan CPI dipimpin oleh harga energi dan makanan, yang sebagian besar merupakan masalah global, harga terus meningkat untuk barang dan jasa domestik, dari tempat tinggal hingga mobil hingga pakaian jadi,” tambah Robert.

Laju inflasi ini dorong oleh kenaikan harga energi yang melonjak 7,5 persen pada bulan tersebut dan naik 41,6 persen selama 12 bulan. Indeks makanan meningkat 1 persen, sementara biaya tempat tinggal, yang membentuk sekitar sepertiga dari CPI naik 0,6 persen untuk bulan tersebut dan naik 5,6 persen setiap tahun.

Ini adalah bulan keenam berturut-turut bahwa makanan di rumah naik setidaknya 1 persen. Biaya sewa naik 0,8 persen di bulan Juni, kenaikan bulanan terbesar sejak April 1986, menurut BLS.

Saham sebagian besar merosot mengikuti data sementara imbal hasil obligasi pemerintah melonjak.

Sebagian besar kenaikan inflasi berasal dari harga bensin, yang meningkat 11,2 persen pada bulan tersebut dan hanya sedikit dari 60 persen untuk periode 12 bulan. Biaya listrik masing-masing naik 1,7 persen dan 13,7 persen.

Sementara itu harga kendaraan baru dan bekas membukukan kenaikan bulanan masing-masing sebesar 0,7 persen dan 1,6 persen.

Biaya perawatan medis naik 0,7 persen pada bulan tersebut, didorong oleh peningkatan 1,9 persen dalam layanan gigi, kenaikan bulanan terbesar yang pernah tercatat untuk sektor tersebut dalam data sejak tahun 1995.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here