Friday, 26 April 2024
HomeNasionalTiga Bulan, 22 Orang Tewas Akibat Serangan KKB di Papua

Tiga Bulan, 22 Orang Tewas Akibat Serangan KKB di Papua

Bogordaily.net– Aksi penyerangan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata () di menelan banyak korban jiwa. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkap data terkait aksi penyerangan pada 2022 saja, telah menelan puluhan nyawa khususnya warga sipil. Ia menyebut sudah 22 orang tewas akibat penyerangan di .

“Khusus pada tahun 2022 sejak April hingga Juli 2022, telah dilakukan kejahatan sebanyak 18 kali dengan korban meninggal sebanyak 22 orang,” kata Moeldoko dalam Media Briefing yang digelar di The Westin Jakarta, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis 21 Juli 2022 dilansir Suara.com.

Kalau dihitung sejak 2010 hingga Maret 2022, kata Moeldoko, telah melancarkan aksi tidak kurang sebanyak 226 kali. Dalam aksinya, melakukan pembunuhan, pembakaran fasilitas publik, gedung pemerintah, puskesmas, sekolah hingga rumah warga.

Moeldoko menyimpulkan bahwa apa yang dilakukan termasuk ke dalam tindakan kejam dan biadab. Apa yang dilakukan KKB dianggapnya telah bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Lebih lanjut Moeldoko menyebut kalau KKB menggunakan kedok memperjuangkan masyarakat . Padahal, Moeldoko mengatakan kalau KKB melakukan penyerangan itu demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Ia pun menyayangkan ketika melihat KKB yang justru melakukan tindakan kejam di samping upaya pemerintah mempercepat kemajuan kesejahteraan di .

Moeldoko menegaskan kalau pemerintah akan bertindak tegas terhadap KKB yang sudah membantai 10 warga sipil beberapa waktu lalu.

“Pemerintah akan menindak tegas KKB melalui penegakan hukum, tindakan tegas hanya ditujukan kepada KKB, bukan yang lain penegasan ini penting jangan sampai muncul persepsi yang keliru terhadap tindakan aparat keamanan yang akan dilakukan,” tegasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here