Saturday, 4 May 2024
HomePolitikTok! KPU Perbolehkan Kampus Jadi Tempat Kampanye Parpol

Tok! KPU Perbolehkan Kampus Jadi Tempat Kampanye Parpol

Bogordaily.net nanti kampus bisa dijadikan tempat kampanye Partai Politik (Parpol). telah membolehkan kampus jadi salah satu lokasi kampanye dengan syarat dan ketentuannya.

Selama pemilu berlangsung sejak dulu kampus  tidak boleh dijadikan lokasi kampanye, karena merupakan kawasan pendidikan.

“Jadi kampanye di kampus itu boleh, dengan catatan apa, yang mengundang misalkan rektor, pimpinan lembaga, boleh,” kata Ketua RI Hasyim Asy'ari kemarin, Selasa 26 Juli 2022 seperti dikutip dari suaracom.

Dia menjelaskan, Pasal 280 ayat 1 huruf H Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu melarang penggunaan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan.

Penjelasan pasal tersebut, kata dia, menyebutkan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan dapat digunakan untuk kampanye politik jika peserta pemilu hadir tanpa atribut kampanye pemilu.

Kampanye juga dibolehkan atas undangan dari pihak penanggung jawab fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan.

Namun, pihak kampus yang mengundang juga harus memperlakukan hak yang sama ke seluruh peserta pemilu. Mengenai apakah peserta pemilu memenuhi undangan itu atau tidak, hal tersebut diserahkan ke masing-masing peserta pemilu itu sendiri.

Merespons ketua , Anggota Komisi II DPR RI Rifqinizamy Karsayuda mendukung gagasan tersebut, namun Ia menggarisbawahi kalau kampanye tidak boleh berisi kampanye negatif (negative campaign).

“Saya sebagai anggota Komisi II DPR menyambut baik ide tersebut. Namun, harus memuat sejumlah syarat, salah satunya tidak boleh berisi kampanye hitam dan negatif yang berisi ujaran kebencian dan fitnah,” kata Rifqi, dikutip dari Antara, Rabu 27 Juli 2022.

Adapun syarat berikutnya, tidak boleh menegasikan empat prinsip dasar berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Menurut dia, kampanye bagi peserta pemilu di kampus merupakan cara mendewasakan peradaban politik bangsa Indonesia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here