Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaUps.. Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Tua Sebelum Waktunya Karena Kulit Keriput

Ups.. Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Tua Sebelum Waktunya Karena Kulit Keriput

Bogordaily.net – Jika tidak bisa mengatur kebiasaan ini bisa bikin Anda keliatan tua sebelum waktunya, karena keriput.

Studi menyatakan kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit keriput akan datang lebih cepat.

Sehingga, akan terlihat tua lebih cepat. Menjaga dan pola hidup adalah salah satu cara agar hal tersebut tidak menyerang.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal internasional Nature Cell Biology menjelaskan bagaimana kualitas tidur malam yang baik punya manfaat bagi .

Penelitian dilakukan pada tikus dengan memerhatikan kadar kolagennya. Ditemukan bahwa fase tidur dapat mengatur matriks ekstraseluler yang menyediakan dukungan struktural untuk sel-sel dalam bentuk jaringan ikat seperti tulang, , tulang rawan, dan lainnya.

Diketahui bahwa setengah dari tubuh manusia juga terbuat dari matriks dan setengahnya berupa kolagen.

Penelitian itu menemukan bahwa kolagen terbuat dari dua jenis struktur. Salah satunya memiliki bentuk lebih tebal, yang sepenuhnya terbentuk pada usia 17 tahun. Kemudian tetap sama selama sisa hidup seseorang dan bersifat permanen.

Tipe kedua adalah struktur yang lebih tipis, yang mudah rusak akibat tekanan. Studi tersebut menemukan bahwa tipe kedua kolagen itu sebenarnya dapat memperbaiki dirinya sendiri ketika tubuh beristirahat di malam hari.

Serat yang lebih tipis melindungi struktur permanen dari keausan harian pada sel-sel .

Jika Anda membayangkan batu bata di dinding ruangan sebagai bagian permanen. Cat di dinding bisa dilihat sebagai bagian pengorbanan yang perlu diisi ulang begitu sering,” kata pemimpin penulis Karl Kadler, B.Sc., Ph.D., seperti dikutip dari Times of India.

Kolagen adalah protein paling banyak di dalam tubuh. Kandungan itu bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas dan kekuatan .

Dari penelitian itu, para peneliti menyimpulkan bahwa manfaat tidur bagi kecantikan memang nyata. Karena istirahat yang baik ternyata dapat bantu meningkatkan kolagen secara alami.

Kolagen terdapat pada berbagai bagian tubuh, seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi. Kolagen seperti lem yang merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan.

Selain merekatkan, kolagen juga memiliki manfaat dalam memulihkan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, serta melenturkan jaringan tendon dan . Sehingga, yang lentur dan kencang bisa jadi tanda tubuh memiliki cukup kolagen.

Dikutip dari Hello Sehat, tubuh dapat memproduksi kolagen sendiri dengan teratur. Namun, kemampuan itu akan terus berkurang seiring bertambahnya usia.

Selain itu, paparan terhadap sinar matahari, zat dari polusi, serta kebiasaan merokok juga dapat menghambat produksi kolagen.

Orang-orang yang tubuhnya kekurangan kolagen bisa dikenali dari tampilan kulit yang mulai kendur, serta timbul garis-garis halus dan keriput. Penipisan jumlah kolagen alami tubuh pun telah dikaitkan dengan sejumlah masalah . (suara.com)

Editor: Riyaldi Suhud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here