Monday, 29 April 2024
HomeBeritaWajib Tahu! Ini Cara Menyiasati Tubuh Setelah Begadang  

Wajib Tahu! Ini Cara Menyiasati Tubuh Setelah Begadang  

Bogordaily.net memiliki efek serius bagi kesehatan, baik secara fisik maupun psikologis. Efek samping yang muncul setelah bisa beraneka ragam. Biasanya, dampak ini tergantung pada berapa waktu yang Anda habiskan untuk tidak tidur.

Saat 24 jam misalnya, salah satu efek yang terjadi pada Anda adalah penurunan fungsi kognitif seperti sering lupa, tidak bisa berkonsentrasi, dan hilang fokus. Setelah , tentu saja ingin beristirahat agar energi yang hilang bisa kembali. Namun, bagaimana jika keesokan paginya ada rutinitas yang menunggu? Dikutip hellosehat.com, berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjalani hari setelah .

Tidur sebentar

Salah satu cara mengatasi timbulnya efek yang buruk adalah mengganti jam tidur yang hilang. Jika harus , upayakan untuk tidur sebentar keesokan harinya untuk memperbaiki pola tidur. Anda tidak perlu langsung tidur lama seperti pada malam hari, sebab hal tersebut bisa membuat Anda kembali terjaga pada malam hari. Tidurlah kurang lebih 30 menit saja setelah untuk mengganti sedikit jam tidur yang terpakai untuk . Cara ini dikenal sebagai power nap. Selain membantu memperbaiki pola tidur, power nap juga membuat Anda sedikit lebih berenergi. Namun, Anda mungkin akan merasa pusing jika tidur lebih lama, sekitar 40–45 menit.

Anda baru boleh tidur seperti biasanya pada malam hari agar tidak terjadi perubahan pada ritme sirkadian tubuh. Dengan begitu, Anda akan tidur seperti hari-hari biasa setelah begadang atau tidak tidur semalaman.

Tetap aktif bergerak

Menurut Sleep Advisor, harus aktif bergerak keesokan paginya meski tidak tidur semalaman. Cara ini membantu tubuh menyadari bahwa sudah waktunya terbangun sepenuhnya dalam keadaan sadar. Hal ini juga membantu mencegah kelelahan dan rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari.

Selain itu, saat berolahraga atau aktif bergerak, otot dan otak akan bekerja lebih baik. Bahkan, cara ini dapat membantu meningkatkan performa Anda dalam menjalankan aktivitas. Namun, ingat, begadang tetap memberikan efek negatif terhadap fungsi kognitif. Oleh sebab itu, jangan heran jika ada kemampuan fungsi otak yang tak bekerja dengan baik.

Hindari multitasking

Memori kerja terganggu setelah tidak tidur semalaman. Ini artinya, Anda tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu atau multitasking. Alih-alih mengerjakan semua aktivitas tersebut dengan baik sekaligus, maka berpotensi mengacaukan pekerjaan yang dilakukan jika memaksakan diri.

Fokus untuk mengerjakan hal yang harus Anda lakukan satu demi satu. Tak lupa, perbanyak minum air putih saat beraktivitas pada pagi dan siang hari. Sebab banyak minum air membantu Anda tetap terjaga. Hal ini juga membantu Anda menghindari rasa kantuk dan dehidrasi.

Hindari mengendarai mobil atau motor

Sebaiknya tidak mengendarai kendaraan bermotor terlebih dahulu. Sebab salah satu efek begadang adalah Anda tidak akan bisa fokus dan berkonsentrasi seperti biasanya. Jika harus bepergian, akan lebih baik naik kendaraan umum atau meminta orang lain untuk mengantarkan. Berkendara membutuhkan konsentrasi dan kemampuan untuk fokus yang tinggi. Tanpa keduanya, risiko Anda mengalami kecelakaan akan lebih besar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here