Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaspada Bahaya Mengintai Jika Konsumsi Pisang Terlalu Banyak

Waspada Bahaya Mengintai Jika Konsumsi Pisang Terlalu Banyak

Bogordaily.net – pisang yang dipercaya menyehatkan ternyata memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Dalam satu pisang berukuran sedang umumnya mengandung 23 gram karbohidrat, 2,6 gram serat, dan 12 gram gula sederhana.

Seorang raktisi National Health Service (NHS) Dr David Unwin bahkan mengklaim bahwa konsumsi banyak pisang sama buruknya seperti menyantap enam sendok gula.

Di sisi lain, ada banyak ahli diabetes yang tak sependapat dengan Dr Unwin. Semua makanan yang mengandung karbohidrat pada dasarnya bisa menyebabkan peningkatan kadar . Namun, ini terjadi secara perlahan, sedang, atau cepat.

Indeks glikemik (IG) pada suatu makanan dapat memberi petunjuk mengenai seberapa cepat makanan tersebut bisa memicu peningkatan kadar .

Makanan dengan skor IG yang rendah, yaitu 55 ke bawah, biasanya menyebabkan peningkatan kadar yang perlahan atau bertahap.

Sebaliknya, makanan dengan IG yang tinggi akan memicu lonjakan kadar dalam waktu singkat.

Pisang sebenarnya memiliki skor IG dalam rentang yang rendah hingga sedang, yaitu 42-62. Skor IG ini akan bergantung pada tingkat kematangan pisang.

Oleh karena itu, ini bukan pilihan yang terbaik bagi pengidap diabetes tipe 2. Akan tetapi, pisang juga bukan makanan yang buruk untuk mereka.

Menurut Diabetes UK, pisang merupakan opsi makanan yang lebih baik bagi penyandang diabetes tipe 2 bila dibandingkan dengan sepotong kue.

Mengatur pola makan dan memilih jenis makanan secara bijak merupakan salah satu hal penting yang dapat mengelola kadar penyandang diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 itu sendiri merupakan jenis diabetes yang biasanya berkaitan erat dengan pilihan pola hidup yang kurang sehat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here