Waspada Bahaya Mengintai Jika Konsumsi Pisang Terlalu Banyak

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kesehatan · 22 Jul 2022 21:09 WIB

Waspada Bahaya Mengintai Jika Konsumsi Pisang Terlalu Banyak


 Buah Pisang. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Buah Pisang. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Buah pisang yang dipercaya menyehatkan ternyata memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Dalam satu buah pisang berukuran sedang umumnya mengandung 23 gram karbohidrat, 2,6 gram serat, dan 12 gram gula sederhana.

Seorang raktisi National Health Service (NHS) Dr David Unwin bahkan mengklaim bahwa konsumsi banyak pisang sama buruknya seperti menyantap enam sendok gula.

Di sisi lain, ada banyak ahli diabetes yang tak sependapat dengan Dr Unwin. Semua makanan yang mengandung karbohidrat pada dasarnya bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Namun, ini terjadi secara perlahan, sedang, atau cepat.

Indeks glikemik (IG) pada suatu makanan dapat memberi petunjuk mengenai seberapa cepat makanan tersebut bisa memicu peningkatan kadar gula darah.

Makanan dengan skor IG yang rendah, yaitu 55 ke bawah, biasanya menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang perlahan atau bertahap.

Sebaliknya, makanan dengan IG yang tinggi akan memicu lonjakan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Pisang sebenarnya memiliki skor IG dalam rentang yang rendah hingga sedang, yaitu 42-62. Skor IG ini akan bergantung pada tingkat kematangan pisang.

Oleh karena itu, buah ini bukan pilihan yang terbaik bagi pengidap diabetes tipe 2. Akan tetapi, pisang juga bukan makanan yang buruk untuk mereka.

Menurut Diabetes UK, pisang merupakan opsi makanan yang lebih baik bagi penyandang diabetes tipe 2 bila dibandingkan dengan sepotong kue.

Mengatur pola makan dan memilih jenis makanan secara bijak merupakan salah satu hal penting yang dapat mengelola kadar gula darah penyandang diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 itu sendiri merupakan jenis diabetes yang biasanya berkaitan erat dengan pilihan pola hidup yang kurang sehat.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Jangan Menahan Buang Air Kecil, Bisa Infeksi!

6 Oktober 2022 - 18:55 WIB

menahan buang air kecil

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan!

6 Oktober 2022 - 18:02 WIB

setelah makan

Kamu Lagi Sakit Flu? Coba Yuk 4 Obat Alami Ini

6 Oktober 2022 - 09:58 WIB

tanaman herbal

Minum Teh Setiap Hari Bantu Kurangi Resiko Penyakit, Mitos atau Fakta?

5 Oktober 2022 - 17:25 WIB

minu teh setiap hari

Berikut Info Jadwal Praktek Dokter Spesialis di Bogor Senior Hospital

5 Oktober 2022 - 13:36 WIB

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Lagi Stres Berat

5 Oktober 2022 - 09:43 WIB

Trending di Kesehatan