Friday, 19 April 2024
HomeBeritaWaspada! Ini 5 Dampak Buruk Tak Sarapan

Waspada! Ini 5 Dampak Buruk Tak Sarapan

Bogordaily.net–  Sebagain orang mungkin ada yang tidak bisa makan pagi alias . Mereka cenderung memilih untuk makan di siang hari. Namun, sebaiknya waspada sebab yang bisa dihadapi ketika melewatkan . Merangkum Your Say Suara.com dari Tata Health, berikut lima melewatkan .

Berat Badan Naik

Kalau merasa berat badan bertambah, padahal tidak terlalu banyak makan, bisa jadi itu karena sering melewati . Tubuh yang lapar sepanjang malam sangat menginginkan makanan manis dan berlemak. Oleh karena itu, ketika makan di siang atau sore hari, jumlah kalori yang dikonsumsi tidak diperhatikan. Cukup banyak juga penelitian yang menyebutkan bahwa melewati bisa menambah berat badan.

Migrain

Kadar gula yang rendah di pagi hari bisa saja membuat migrain. Ini karena tubuh melepaskan hormon tertentu untuk mengimbangi kadar gula yang rendah. Proses ini disebut hipoglikemia. Namun ada efek sampingnya adalah menyebabkan tekanan darah secara tiba-tiba sehingga menyebabkan pusing kepala dan migrain. Studi menunjukkan bahwa orang yang melewatkan secara teratur, berisiko lebih tinggi menderita sakit kepala dan migrain terus-menerus.

Memperlambat metabolisme

Ketika melewatkan , fungsi tubuh melambat untuk menghemat bahan bakar sehingga metabolisme menjadi lambat. Selain itu, tidak melakukan berkepanjangan setelah tidak makan sepanjang malam, bisa mengurangi kapasitas tubuh untuk membakar kalori, yang pada gilirannya menyebabkan penumpukan lemak. Namun, sarapan sehat di pagi hari memberi dorongan metabolisme dan membantu mengurangi berat badan. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang rutin sarapan memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

Rambut Rontok

Salah satu risiko berbahaya utama dari melewatkan sarapan adalah bisa menyebabkan rambut rontok. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar protein yang sangat rendah dapat memiliki efek buruk pada kadar keratin dalam tubuh. Keratin adalah komponen penting yang memicu kerontokan dan menghentikan pertumbuhan rambut. Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari yang memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan rambut. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi sarapan sehat setiap hari yang kaya protein untuk menghindari kerontokan rambut.

Tingkatkan Risiko Kanker

Ketika melewatkan sarapan, kemungkinan besar kamu akan makan berlebihan sepanjang hari. Hal ini bisa meningkatkan risiko obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research UK, ditemukan bahwa orang yang mengalami obesitas berisiko tinggi terkena kanker.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here