Friday, 19 April 2024
HomeBeritaWaspada! Ini Tanda-Tanda Alergi Kosmetik

Waspada! Ini Tanda-Tanda Alergi Kosmetik

Bogordaily.net– Beberapa kandungan kosmetik bisa memicu munculnya reaksi alergi pada kulit. Kenali tanda alergi kosmetik yang perlu Anda waspadai. Alergi kosmetik secara umum terjadi ketika sistem imun bereaksi secara berlebihan terhadap zat kimia yang terdapat pada makeup atau skincare. Tanda-tanda alergi kosmetik sebenarnya mirip dengan dermatitis kontak akibat kosmetik. Namun, gejala dermatitis kontak muncul hanya pada bagian kulit yang terkena produk dan efeknya timbul sesaat setelah pemakaian.

Sementara alergi kosmetik terjadi akibat reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh. Reaksinya tidak selalu muncul segera. Gejala alergi kulit bisa terlihat setelah 12 jam setelah Anda mengaplikasikan produk ke kulit.

Dikutip dari Hello Sehat, bahan pemicu alergi (alergen) pada produk kosmetik merangsang pelepasan senyawa histamin sehingga membuat Anda mengalami tanda alergi seperti berikut:

Ruam di kulit

Ciri-ciri muka yang mengalami alergi kosmetik biasanya memperlihatkan munculnya ruam atau kemerahan di kulit. Ruam akibat alergi kosmetik ini mirip dengan ruam akibat iritasi kulit dari penggunaan skincare yang kurang cocok. Tekstur kulit yang mengalami kemerahan pun biasanya juga lebih menonjol atau dari bagian kulit lainnya. Selain itu, ruam bisa menimbulkan rasa gatal yang mengganggu.

Mata gatal dan berair

Tanda alergi kosmetik ternyata tidak hanya terlihat pada kulit, tetapi juga pada mata. Alergi menyebabkan mata berair, gatal, dan nampak kemerahan. Hal ini bisa terjadi ketika Anda mengoleskan makeup atau skincare yang di sekitar kelopak mata atas dan bawah. Alergen pada kosmetik tersebut masuk ke dalam mata menimbulkan reaksi alergi. Tak jarang, mata juga bisa tampak membengkak dan terasa perih.

Bibir bengkak

Mengutip Asthma and Allergy Foundation of America, alergi bisa menimbulkan pembengkakan di kulit yang disebut juga dengan angioedema. Pelepasan histamin menyebabkan menumpuknya cairan tubuh di bawah kulit sehingga terjadi pembengkakan. Bagian wajah yang paling sering bengkak akibat alergi kosmetik adalah bibir. Alergi kosmetik juga bisa membuat beberapa bagian wajah lainnya membengkak. Kondisi bibir atau muka yang bengkak ini bisa muncul bersamaan dengan ciri-ciri alergi kosmetik lainnya, yaitu kemerahan pada kulit.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here