Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalWaspada Pencurian Data, Berikut Cara Mengetahui HP Sedang Disadap

Waspada Pencurian Data, Berikut Cara Mengetahui HP Sedang Disadap

Bogordaily.net – Keberadaan atau HP saat ini sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Meski demikian, ada satu hal yang hendaknya perlu diwaspadai. Yakni, kemungkinan HP kita . Berikut cara agar mengetahui kalau hp Anda

Jika mengalami hal ini tentu akan merepotkan. Terlebih jika di dalam HP berisi data-data penting atau yang bersifat privasi.

Selain itu, ketika HP juga rawan disalahgunakan oleh pelakunya. Misalnya, digunakan untuk penipuan atau tindak kejahatan lainnya.

Untuk mengetahui HP atau tidak ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut cara mengtahui hp Anda dibajak.

1. Gunakan Kode Rahasia

Anda bisa mengecek melaui kode rahasia. Kode rahasia bisa diakses dengan cara melakukan panggilan atau dial pada umumnya.

Buka lambang telepon pada HP, selanjutnya silahkan ketik salah satu kode dial berikut ini #21# atau *##002##, Lalu tekan panggil atau call.

Selanjutnya akan muncul sebuah notifikasi yang menyatakan tentang panggilan itu. Jika semua status dari menu yang tersedia adalah tidak diteruskan atau Not Forwarded maka hp anda dalam keadaan aman.

2. Tidak Bisa Login WhatsApp

Salah satu cara cek HP adalah dengan memantau aktivitas di WhatsApp. Saat kamu menggunakan HP lagi setelah meninggalkannya, coba buka aplikasi WA.

Jika HP mendadak log out dari aplikasi WhatsApp, kemungkinan ada pihak lain yang sedang memakai nomor HP kamu untuk login di aplikasi WhatsApp pada HP lain.

3. Pesan Terbaca Padahal Belum Dibuka

Cara cek HP selanjutnya adalah dengan mengecek pesan masuk, baik SMS, WhatsApp, Line.

Saat kamu menemukan ada pesan yang terbaca padahal kamu nggak membuka pesan tersebut, kemungkinan besar HP kamu memang .

4. Cek WhatsApp Web

Saat ada yang menyadap HP dan menggunakan WhatsApp milikmu, kamu bisa segera mengetahuinya dengan fitur WhatsApp Web, geng.

Caranya, cek WhatsApp Web melalui HP. Jika ternyata kamu login di perangkat yang nggak kamu kenali dengan lokasi yang juga nggak dikenal, berarti memang ada yang menyadapmu.

Agar orang lain nggak bisa lagi menyadap WhastApp jarak jauh, kamu bisa langsung logout atau keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan WhatsApp di HP milikmu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here