Zelensky Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi, Ini Jawaban Ukraina

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Internasional · 3 Jul 2022 14:22 WIB

Zelensky Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi, Ini Jawaban Ukraina


 Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu 29 Juni 2022.(Dok. Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden/CNN Indonesia/Bogordaily.net)
Perbesar

Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu 29 Juni 2022.(Dok. Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut telah membawa pesan Presiden Volodymyr Zelenksy untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu di Istana Kremlin, Moskow, Jumat, 1 Juli 2022 lalu.

Juru bicara Kantor Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov, mengatakan jika Zelensky memiliki pesan untuk Putin, maka akan disampaikan sendiri secara publik, tidak melalui perantara.

“Ada pesan apa pun, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” kata Nikiforov dikutip dari CNN Indonesia, Minggu, 3 Juli 2022.

Menurut Nikiforov, pertemuan Zelensky dan Jokowi beberapa hari lalu fokus membicarakan ancaman krisis pasokan pangan global seperti gandum dan pupuk.  Hal itu lantaran, sejak invasi Rusia ke Ukraina berlangsung, Moskow memblokir sejumlah pelabuhan sehingga pasokan gandum Ukraina tertahan. Padahal, Ukraina merupakan salah satu pasokan gandum utama dunia.

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina]di Kiev,” jelasnya.

“Rusia memikul tanggung jawab penuh karena mengganggu ekspor [gandum Ukraina] ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera dibuka. Inilah yang dibahas secara detail oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy dengan Presiden Joko Widodo,” lanjut dia.

Sementara itu sebelumnya, Jokowi mengklaim dititipkan pesan oleh Presiden Zelensky saat bertemu di Kyiv untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pidato bersama di Istana Kremlin, Jokowi mengklaim telah menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” kata Jokowi dalam konfrensi pers di Rusia, Kamis, 30 Juni 2022 lalu.

Namun, Jokowi tak menjabarkan isi pesan Zelensky itu, begitu juga dengan Putin yang tak membahas apa-apa soal invasi Rusia ke Ukraina.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Pengumuman Putin: Rusia Resmi Caplok 4 Wilayah Ukraina

1 Oktober 2022 - 08:18 WIB

Dituduh Lecehkan Anak-anak, Vatikan Jatuhkan Sanksi untuk Uskup Belo

30 September 2022 - 18:42 WIB

Tok! Thailand Legalkan Aborsi di Usia Kehamilan 20 Minggu

30 September 2022 - 17:31 WIB

Thailand legalkan Aborsi

Inggris Luncurkan Koin Resmi Bergambar Raja Charles III

30 September 2022 - 17:26 WIB

Koin Raja Charles III

Ngeri! Bom Meledak saat Siswa di Afghanistan Ujian, 19 Orang Tewas

30 September 2022 - 15:41 WIB

Meja Bundar Jadi Saksi, PBB Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Rusia

30 September 2022 - 11:14 WIB

Pipa Gas Nord Stream
Trending di Internasional