Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaZelensky Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi, Ini Jawaban Ukraina

Zelensky Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi, Ini Jawaban Ukraina

Bogordaily.net– Presiden Joko Widodo () sempat menyebut telah membawa pesan Presiden Volodymyr Zelenksy untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu di Istana Kremlin, Moskow, Jumat, 1 Juli 2022 lalu.

Juru bicara Kantor Kepresidenan , Serhii Nikiforov, mengatakan jika Zelensky memiliki pesan untuk Putin, maka akan disampaikan sendiri secara publik, tidak melalui perantara.

“Ada pesan apa pun, jika Presiden ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” kata Nikiforov dikutip dari CNN Indonesia, Minggu, 3 Juli 2022.

Menurut Nikiforov, pertemuan Zelensky dan beberapa hari lalu fokus membicarakan ancaman krisis pasokan pangan global seperti gandum dan pupuk.  Hal itu lantaran, sejak invasi Rusia ke berlangsung, Moskow memblokir sejumlah pelabuhan sehingga pasokan gandum tertahan. Padahal, Ukraina merupakan salah satu pasokan gandum utama dunia.

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina]di Kiev,” jelasnya.

“Rusia memikul tanggung jawab penuh karena mengganggu ekspor [gandum Ukraina] ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera dibuka. Inilah yang dibahas secara detail oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy dengan Presiden Joko Widodo,” lanjut dia.

Sementara itu sebelumnya, mengklaim dititipkan pesan oleh Presiden Zelensky saat bertemu di Kyiv untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pidato bersama di Istana Kremlin, mengklaim telah menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” kata dalam konfrensi pers di Rusia, Kamis, 30 Juni 2022 lalu.

Namun, tak menjabarkan isi pesan Zelensky itu, begitu juga dengan Putin yang tak membahas apa-apa soal invasi Rusia ke Ukraina.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here