Monday, February 6, 2023
HomePolitikZulhas Ikut Kampanye Anaknya Bagi-Bagi Minyak Goreng, PKS: Jangan Pakai Fasilitas Negara

Zulhas Ikut Kampanye Anaknya Bagi-Bagi Minyak Goreng, PKS: Jangan Pakai Fasilitas Negara

IIMS

Bogordaily.net– Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyedot perhatian. Pria yang disapa Zulhas itu ikut hadir dalam kampanye putrinya dan membagikan minyak goreng gratis. Beragam komentar pun ditujukan untuk Zulhas yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Salah satunya dari Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS, Amin AK.

Menurut Amin, jabatan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dengan Ketua Umum PAN sulit dipisahkan. Sehingga, soal Zulhas membagi-bagikan minyak goreng ke warga sambil kampanye atau mempromosikan anaknya sarat konflik kepentingan.

“Meskipun tampil sebagai Ketua Umum Parpol, jabatan yang diemban (sebagai Mendag) sulit dipisahkan. Sehingga apa yang dilakukan Mendag tersebut sarat dengan konflik kepentingan,” kata Amin kepada wartawan dikutip Suara.com, Selasa, 12 Juli 2022.

Apalagi, kata Amin, jika Zulhas pergi ke lokasi tersebut menggunakan fasilitas negara sebagai menteri. Menurutnya, hal tersebut tak bisa ditolerir.

Untuk itu, Amin menegaskan, Zulhas harus fokus saja pada tugasnya sebagai Menteri Perdagangan. Khususnya dalam mengurusi permasalahan minyak goreng.

“Sebaiknya Pak Zulhas fokus pada tugasnya sebagai Mendag yang telah berjanji segera mewujudkan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga HET Rp15.500 per kg dan memperbanyak jumlah pasokan sesuai kebutuhan masyarakat yang berhak, baik yang untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk para pelaku usaha mikro atau ultra mikro,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi buka suara soal Zulkifli Hasan yang memberikan minyak goreng ke warga sambil mengkampanyekan anaknya.

Viva menyampaikan, bahwa Zulhas saat menghadiri acara tersebut bukanlah acara Kementerian Perdagangan melainkan acara partai.

“Acara itu hari Sabtu (9 Juli), di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan atau kementerian, tetapi itu acara partai,” kata Viva.

Menurut Viva, Zulhas dalam acara tersebut hadir dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum PAN bukan menteri perdagangan dan melakukan peninjauan acara PAN yang diberi tajuk PANsar Murah.

“Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan Calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1,” jelasnya.

Lebih lanjut, terkait minyak goreng yang dibagikan warga yang menjadi sorotan, menurut Viva minyak-minyak tersebut telah dibayarkan oleh putrinya Zulhas yakni Futri. Ia menyebut minyak yang dibagikan tak gratis.

“Minyak curah kemasan itu beli oleh Futri, tidak gratis. Dan dibagikan oleh Futri di daerah pemilihannya. Hal ini tentu sikap yang baik karena dapat memberi manfaat bagi ibu-ibu di dapilnya,” katanya.

Viva merasa yakin Zulhas selaku ketum parpol mengerti rambu-rambu undang-undang. Menurutnya, Zulhas tak akan melakukan abuse of power.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor