Sunday, 14 July 2024
HomeBerita16 Tewas dalam Banjir Bandang di China

16 Tewas dalam Banjir Bandang di China

Bogordaily.net–  yang menerjang barat laut sejak Kamis, 18 Agustus 2022 dilaporkan telah menewaskan 16 orang dan belasan lainnya hilang. juga mengakibatkan aktivitas warga terhenti.

Dilansir CNN Indonesia, pabrik bahkan ditutup dan terjadi pemadaman listrik secara bergilir.

“Pada siang hari tanggal 18, 16 orang telah tewas,” terang media pemerintah seperti dikutip AFP, Jumat, 19 Agustus 2022.

Sebanyak 20 orang telah berhasil diselamatkan oleh regu penyelamat. Sementara tercatat 18 orang masih belum ditemukan.

Sementara itu banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah pegunungan daerah Datong di Provinsi Qinghai.

“6.200 orang dari enam desa terdampak. Banjir menyebabkan kerusakan senilai ratusan juta dolar,”

Sejumlah jalan tertutup lumpur, beberapa rumah rusak hingga pohon tumbang akibat bencana tersebut. Hingga saat ini, petugas masih berupaya melakukan penyelamatan dan pencarian terhadap korban hilang.

“Pekerjaan penyelamatan berlangsung dengan tertib,” kata laporan tersebut.

Sebelumnya diberitakan diterjang dan dilaporkan empat warga tewas pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Pihak berwenang melaporkan bahwa keempat orang itu meninggal usai banjir menerjang kawasan pegunungan Datong di Provinsi Qinghai.

Badan manajemen darurat Qinghai mengumumkan, tim pencarian dan penyelamatan sudah diterjunkan untuk melacak keberadaan puluhan warga lain yang hilang.

AFP melaporkan, banjir ini terjadi ketika sejumlah kawasan lain di mengalami cuaca ekstrem. Beberapa daerah di barat daya bahkan mencetak rekor suhu terpanas.

Jutaan penduduk di kawasan itu sampai-sampai terpaksa menjalani hari tanpa aliran listrik. Cuaca panas yang memicu pemutusan listrik itu juga membuat pabrik-pabrik tak dapat beroperasi.

Akhir pekan lalu, kawasan barat daya China justru diterjang banjir parah yang merenggut empat nyawa dan melukai sembilan orang.

Pergantian cuaca ekstrem di China ini sudah terjadi sejak Juni lalu. Saat itu, banjir menerjang kawasan selatan China, memaksa lebih dari setengah juta penduduk mengungsi.

Beberapa waktu lalu melanda kota wisata Pengzhou di Provinsi Sichuan, China, Sabtu, 13 Agustus 2022 dan menewaskan tujuh orang. Tiga lainnya mengalami luka-luka akibat banjir yang dipicu oleh hujan deras.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here