4 Manfaat Kacang Almond, Turunkan Kadar Kolesterol

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kesehatan · 11 Agu 2022 11:51 WIB

4 Manfaat Kacang Almond, Turunkan Kadar Kolesterol


 Almond. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Almond. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Siapa tidak asing dengan kacang almond yang mempunyai cita rasa yang gurih, bertekstur renyah dan tentunya lezat kerap dijadikan campuran atau kudapan.

Namun, di balik rasanya lezat, kacang almond yang mempunyai nama latin (Prunus dulcis) ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Sebenarnya, almond itu bukan kacang tetapi lebih pada buah berbiji yang mempunyai kulit luar dan diselubungi cangkang keras.

Selain itu, almond ini bisa menawarkan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh yakni mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Dirangkum dari Klikdokter.com, berikut ini adalah manfaat kacang almond untuk kesehatan manusia:

1. Kaya Antioksidan

Almond mengandung vitamin E yang mana adalah antioksidan larut dalam lemak yang bertugas membangun sel-sel tubuh dan melindungi dari radikal bebas yang mengakibatkan inflamasi, penuaan hingga kanker.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 60 pria perokok dan mengonsumsi almond 3 ons setiap hari menunjukkan hasil sel oksidatif menurun.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Almond telah menunjukkan secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengonsumsi ini maka kadar kolesterol baik atau HDL terjaga.

Dalam sebuah percobaan terhadap 65 orang dengan kondisi pradiabetes dan mengonsumsi almond kadar kolesterol jahat dalam tubuh menurun serta kesehatan jantung terjaga.

3. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E pada almond baik untuk kesehatan kulit dan membuat tampak cerah karena kandungan antikosidan yang dapat melawan radikal bebas.

Selain itu kandungan protein dan vitamin pada almond juga dapat membantu kadar air pada kulit sehingga tampak lembap dan lembut.

Kacang almond juga baik untuk kesehatan rambut karena mengandung magnesium yang dapat mengurangi kerontokan dan memperbaiki kualitas rambut.

4. Menurunkan Rasa Lapar

Almond mengandung protein dan tinggi serat sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang namun membantu lebih sedikit kalori.

Dalam sebuah studi terhadap 137 peserta menunjukkan bahwa almond dapat menurunkan rasa lapar dan keinginan makan secara siginifikan.***

 

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Yuk, Rutin Konsumsi Biji-bijian, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

28 September 2022 - 23:43 WIB

Murah Meriah! Kenalin Nih Batu Tawas Penghilang Bau Ketiak

28 September 2022 - 19:24 WIB

batu tawas bau ketiak

Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?

28 September 2022 - 18:45 WIB

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

28 September 2022 - 18:37 WIB

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

28 September 2022 - 18:16 WIB

Perhatikan Yuk, Ini Waktu Ideal untuk Berhubungan Seks

27 September 2022 - 20:48 WIB

Waktu ideal berhubungan seks
Trending di Kesehatan