Friday, 29 March 2024
HomeBerita5 Bahaya Paparan Sinar Biru dari Gadget, Waspada!

5 Bahaya Paparan Sinar Biru dari Gadget, Waspada!

Bogordaily.net–  Gadget atau gawai saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang, baik itu untuk bekerja, belajar, berkomunikasi, bermain game, dan juga penggunaan lainnya. Namun, ternyata gadget yang dipakai sehari-hari menghasilkan sinar biru alias blue light dan sinar ini berbahaya bagi kesehatan sehungga patut diwaspadai. Salah satunya menimbulkan efek negatif pada pola tidur dan juga berbagai penyakit mata. Dilansir Your Say Suara.com dari laman Hellosehat.com berikut dan bahaya dari paparan sinar biru:

Mengganggu ritme sirkadian

Kelebihan paparan sinar biru pada malam hari dapat mengurangi produksi hormon melatonin, yakni hormon yang mengatur siklus tidur seseorang. Normalnya, tubuh dapat memproduksi hormon melatonin dalam jumlah yang sedikit pada siang hari, kemudian akan bertambah jumlahnya pada waktu-waktu tertentu. Nah, produksi hormon ini akan mencapai puncaknya pada tengah malam. Jika terlalu banyak terpapar sinar biru pada malam hari, maka akan membuat mundurnya jadwal tidur seseorang, bahkan dapat me-reset tidur seseorang dalam jangka waktu yang panjang.

Menyebabkan kerusakan retina

Sinar biru dapat masuk ke dalam retina, tetapi mata manusia tidak mempunyai proteksi yang cukup dari paparan cahaya biru, baik itu yang berasal dari matahari maupun gadget dan alat elektronik. Setelah menembus bagian luar mata, sinar biru akan menuju retina dan menyebabkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina.

Meningkatkan resiko katarak

Lensa mata dapat menyaring cahaya gelombang pendek secara efektif dan hal ini dapat melindungi retina dari kerusakan akibat sinar biru. Akan tetapi, jika terlalu sering terpapar sinar biru, kemungkinan besar kamu akan beresiko terkena penurunan fungsi lensa, sehingga lebih mudah terserang katarak.

Menimbulkan kelelahan pada mata

Kebanyakan terpapar sinar biru akan membuat mata cepat lelah. Selain jarak pandang mata dan durasi penggunaan, sinar biru inilah yang menjadi kunci dari kelelahan mata.

Memicu permasalahan pada kulit

Paparan sinar biru yang berlebihan dan sering juga dapat mempercepat pemecahan kolagen dan elastin yang berperan untuk mengencangkan kulit agar terlihat awet muda.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here