5 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Rinjani Didalamnya

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Travelling ยท 6 Agu 2022 10:35 WIB

5 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Rinjani Didalamnya


 Gunung Rinjani Berada di Lombok. (kompas/Bogordaily.net) Perbesar

Gunung Rinjani Berada di Lombok. (kompas/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Indonesia memiliki banyak gunung yang terdapat di seluruh provinsi, dari Sabang hingga Merauke. Berikut ini adalah 5 gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

Tercatat ratusan gunung yang terdapat di seluruh Indonesia, sebanyak 127 merupakan gunung aktif dan memiliki ragam karakter.

Namun dari sekian banyak gunung yang ada, ada gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki pemandangan yang luar biasa.

Menjelang 17 Agustus, banyak warga Indonesia yang ingin merayakan kemenangan ini dengan mendaki gunung, sebagai simbol perjuangan. Berikut daftar gunung tertinggi di Indonesia yang dirangkum dari laman MAGMA Indoensia.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 daftar gunung tertinggi di Indonesia dari Papua hingga Sumatra :

1. . Gunung Jaya Wijaya

Gunung ini sangat populer dikalangan pendaki, baik skala nasional maupun internasional. Terletak di Papua, gunung yang memiliki salju abadi ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Puncak Jaya Wijaya atau juga disebut Carstensz Pyramid dinobatkan sebagai salah satu World Seven Summits alias tujuh puncak gunung tertinggi di dunia.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci berada di perbatasan Kerinci, provinsi Jambi dan Kabupaten Solok Selatan di Sumatera Barat dan terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat, yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia.

Selain menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci juga menjadi yang tertinggi di pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara, dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung tersebut sudah ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3.726 mdpl.

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung di Indonesia dengan keindahan alamnya yang sangat memanjakan mata, dan terdapat danau kaldera di puncaknya.

Namun agar sampai ke puncaknya tidak mudah, waktu pendakian bisa memakan waktu kurang lebih hingga dua hari dengan berjalan kaki. Sementara untuk jalurnya ada dua, dari Sembalun dan Senaru.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru atau dikenal juga dengan Gunung Meru merupakan gunung berapi kerucut di Jawa timur, terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang. Dan berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ketinggian Gunung Semeru sekitar 3.676 mdpl. Sebagai gunung aktif, Gunung Semeru mengeluarkan abu vulkanik kurang lebih 20 menit sekali.

5. Gunung Sanggar

Sama-sama berlokasi di Lombok, tapi gunung ini tidak populer seperti Gunung Rinjani. Meski begitu, Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut.(*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Review Alam Memanggil Bogor, Harga Menu, Daya Tarik dan Lokasi

29 September 2022 - 21:10 WIB

Alam Memanggil Bogor

Fakta Luksemburg, Negara Kecil Namun Terkaya di Eropa

27 September 2022 - 18:14 WIB

Fakta Luksemburg

Asik, Jepang Berlakukan Bebas Visa Mulai 11 Oktober

25 September 2022 - 15:19 WIB

jepang bebas visa

Review Rute dan Harga Tiket Balong Endah, Wisata Murah di Pamijahan Bogor

24 September 2022 - 21:33 WIB

Review Tempat Healing ‘Bidadari’, Nikmati Lazy Pool di Sentul

23 September 2022 - 19:24 WIB

5 Tips Beli Tiket Pesawat Murah, Gini Caranya!

20 September 2022 - 16:39 WIB

Beli Tiket Pesawat Murah
Trending di Travelling