Tuesday, 14 May 2024
HomeBerita5 Manfaat Cincau bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Daya Tahan Tubuh

5 Manfaat Cincau bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Daya Tahan Tubuh

Bogordaily.net–  merupakan bahan minuman yang terbuat dari ekstrak daun . Ekstrak daun ini mulanya berbentuk cair, kemudian dapat mengental dan sedikit mengeras sehingga teksturnya menyerupai agar-agar. biasanya ditambahkan ke dalam berbagai jenis minuman. Nah, rupanya juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang berasal dari kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya. Bahan minuman ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit. Dilansir dari Aladokter.com, berikut manfaat untuk kesehatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kerja sistem kekebalan tubuh, sehingga senantiasa terhindar dari infeksi maupun penyakit. Ini lantaran mengandung senyawa bioaktif, seperti klorofil, alkaloid, terandin, saponin, dan flavonoid. Sebuah penelitian menyebutkan berbagai senyawa bioaktif dalam berperan sebagai imunomodulator yakni untuk menjaga keseimbangan komponen dalam sistem kekebalan tubuh, misalnya kadar dan fungsi sel darah putih atau leukosit.

Mencegah diabetes

Mengonsumsi dapat menjaga kadar gula darah berdasarkan uji klinis. Khasiat ini diduga karena sifat antioksidan yang dimiliki . Antioksidan dapat mencegah stres oksidatif yang diketahui sebagai salah satu pemicu penyakit diabetes melitus. Serat yang terkandung dalam cincau juga berperan dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah. Serat tidak dapat dipecah dan diserap oleh tubuh, sehingga konsumsinya tidak memicu lonjakan gula darah.

Memelihara kesehatan lambung

Kandungan senyawa bioaktif dan mineral dalam cincau seperti flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid juga diketahui bermanfaat dalam mencegah dinding lambung dari kerusakan, misalnya akibat meningkatnya asam lambung.

Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

Kandungan serat dan klorofil pada cincau bermanfaat untuk mencegah hiperlipidemia. Kondisi ini ditandai dengan tingginya lemak jahat dalam darah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit di pembuluh darah dan jantung, seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke. Namun, diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas cincau dalam mencegah hiperlipidemia pada manusia.

Menyembuhkan diare

Pada dosis tertentu, ekstrak daun cincau juga memiliki kemampuan menyembuhkan diare yang setara dengan loperamide atau obat diare. Penelitian cincau sebagai obat diare tersebut baru dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here