Friday, 26 April 2024
HomeBerita5 Manfaat Konsumsi Buah Belimbing untuk Kesehatan

5 Manfaat Konsumsi Buah Belimbing untuk Kesehatan

Bogordaily.net belimbing atau Averrhoa carambola termasuk jenis yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. ini cukup dikenal karena memiliki rasa asam-manis yang khas dan menyegarkan.

Selain menyegarkan, ini yang juga dikenal dengan sebutan Star Fruit ini juga kaya berbagai macam vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat. Sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berikut beragam manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi belimbing :

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa, sehingga mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah.

Manfaat belimbing ini tentu sangat baik dirasakan oleh penderita diabetes yang ingin mengendalikan kadar gula darahnya.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat belimbing selanjutnya yang tak kalah penting adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. belimbing kaya akan vitamin C yang berperan dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan, belimbang yang memiliki berat 90 gram sudah mampu memenuhi sekitar 50% dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Berkat kandungan seratnya yang cukup tinggi, belimbing juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak hanya berguna untuk membantu melancarkan pencernaan, belimbing juga dapat meredakan gejala sembelit, kembung, dan diare.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tingginya kandungan natrium dan kalium dalam belimbing dapat bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh. Hal ini tentu berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan memastikan detak jantung tetap teratur.

Tak hanya itu, berkat kandungan antioksidan di dalamnya, ini juga mampu menangkal efek radikal bebas yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan stroke.

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat buah belimbing dalam mencegah risiko terkena penyakit kanker. Buah ini mengandung antioksidan beta karoten yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker lambung dan usus besar.

Meski terdapat beragam manfaat belimbing, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa khasiat tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here