Thursday, 2 May 2024
HomeBerita5 Manfaat Tidur Siang, Tingkatkan Memori sampai Konsentrasi

5 Manfaat Tidur Siang, Tingkatkan Memori sampai Konsentrasi

Bogordaily.net merupakan salah satu aktivitas dan kebutuhan penting bagi semua orang. Tenyata manfaat siang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya aktivitas yang padat sering membuat kita melewatkan siang. Padahal, siang memiliki manfaat untuk memulihkan energi tubuh dan meningkatkan konsentrasi.

Berikut ini adalah 5 manfaat siang untuk kesehatan tubuh melansir dari laman Alodokter :

1. Meningkatkan konsentrasi

siang yang tepat dapat meningkatkan energi dan mengatur aliran darah. Dengan siang selama 15 hingga 30 menit akan berdampak pada tubuh yang lebih segar, lebih fokus, dan produktif daripada mereka yang lelah dan tidak menyempatkan siang.

2. Merasa lebih baik

siang juga bermanfaat untuk mengatasi perasaan seperti stres, cemas, atau gelisah. Hal ini karena siang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tidur siang juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit mental seperti depresi.

3. Meningkatkan memori

Manfaat tidur siang selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi dan kekuatan otak. Lebih lanjut, tidur siang secara teratur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan memproses informasi serta mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk aktivitas yang memerlukan ingatan dilakukan setelah tidur siang. Selain itu, tidur siang juga efektif mencegah pikun dan demensia.

4. Menurunkan tekanan darah

Tidur siang diketahui dapat menurunkan dan menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena tidur siang dapat menurunkan hormon stres kortisol yaitu hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah.

5. Menambah waktu tidur

Tidur siang dapat menjadi solusi bagi orang yang kekurangan waktu tidur di malam hari. Misalnya seseorang yang sulit tidur di malam hari karena aktivitas tertentu, maka dapat tidur siang selama 1-1,5 jam dan sekitar 6 jam di malam hari.

Dengan pola tersebut, maka kebutuhan tidur ini tetap dapat terpenuhi sehingga tubuh tetap sehat untuk beraktivitas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here