Friday, 26 April 2024
HomeBerita5 Persiapan Penting Sebelum Ikuti Lari Maraton

5 Persiapan Penting Sebelum Ikuti Lari Maraton

Bogordaily.net – Mengikuti ajang memang menghadirkan keseruan tersendiri. Namun, sebelum Anda mengikuti lebih baik ada perhatikan penting sebelum ikuti .

terdiri dari empat jenis, yakni 5K marathon, 10K marathon, half marathon dan ultra marathon. Bedanya ada di jarak tempuh lari, 5 kilometer, 10 kilometer, half marathon memiliki jarak lari sepanjang 21 km, sedangkan ultra maraton minimal 42 km.

Karena jaraknya yang terbilang jauh, olahraga maraton termasuk salah satu olahraga atau kegiatan ekstrem. Untuk itu, perlu dilakukan yang matang, baik dari segi fisik ataupun no fisik.

Lalu, apa saja yang diperlukan sebelum lari jarak jauh?

Berikut lima penting sebelum ikuti :

1. Jaga stamina

Sebanyak 50% pelari maraton mengalami cedera, mulai dari nyeri tumit, keseleo, cedera tulang kering, hingga kondisi lain yang mungkin akan menghambat para pelari dalam menyelesiakan perlombaan.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dan melakukan check-up sebelum memulai aktivitas berat.

2. Latihan Rutin

Melakukan latihan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Idealnya, latihan dapat dilakukan 3 minggu sebelum bertanding.

Kamu bisa latihan dengan jarak 5 kilometer dan bisa ditingkatkan secara bertahap hingga 42 kM dalam kurun waktu tertentu. Hal itu bertujuan agar tubuh tidak kaget dan akan beradaptasi dengan baik.

3. Istrihat yang Cukup

Kegiatan ekstrem seperti maraton bisa dilakukan dengan baik dengan memperhatikan waktu istirahat. Jangan sampai terlalu fokus untuk berlatih sehingga melupakan waktu istirahat. Perlu diketahui bahwa fisik yang bugar dan istirahat yang cukup merupakan hal yang wajib diperhatikan.

4. Jaga Asupan Gizi

Selain istirahat, memperhatikan asupan gizi juga perlu diperhatikan sebelum mengikuti ajang maraton. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari risiko dehidrasi.

Sejumlah makanan yang ideal untuk dikonsumsi antara lain, roti, pasta, nasi, dan sayuran bertepung. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, kamu dapat memaksimalkan simpanan glikogen atau tenaga yang dimiliki.

5. Gunakan Topi

Saat mengikuti lari marathon pastikan Anda memakai topi untuk melindungi dari sinar matahari. Untuk perempuan, jangan lupa rambut dikuncir kuda.

Hal itu dilakukan agar tubuh anda tidak mudah gerah dan terkena langsung paparan sinar matahari.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here